PBAK FISHUM 2018

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sukses menyelenggarakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2018. Tahun ini, PBAK FISHUM 2018 diselenggarakan oleh panitia dibawah pengawalan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FISHUM serta Ormawa yakni SEMA-F, dan ketiga HM-PS dan berlangsung selama 3 hari (27-29 Agustus 2018).

“Tahun ini, PBAK FISHUM mengambil tema Eksis Berkarakter. Harapannya, mahasiswa baru tahun 2018 memiliki karakter yang berbeda dengan Fakultas lain. Yakni karakter yang baik, semangat dalam berkarya dan berkreatifitas. Apalagi dalam hal pengembangan keilmuan Ilmu Sosial dan Humaniora. Baik Psikologi, Sosiologi maupun Ilmu Komunikasi,” Jelas Ulin Nuha Ahmad, Ketua DEMA-F FISHUM (29/08/2018).

Saat ditemui usai PBAK hari ketiga, Ulin menjelaskan bahwa tahun ini, FISHUM menerima 346 mahasiswa baru. “Alhamdulillah di koreaografi ending PBAK 2018, kita mendapat juara 1. Ending-nya kita buat bendera merah putih, logo PBAK, dan angka 73 yang mengartikan bahwa kita juga ikut bangga atas kemerdekaan RI Ke-73 tahun ini. Koreografi ini dibuat oleh teman-teman panitia dan dibantu 346 mahasiswa baru sebagai instrumen pendukung. Artinya, FISHUM menjadi juara bertahan di ending PBAK selama 3 tahun berturut-turut. Prestasi ini diharapkan mampu memotivasi seluruh mahasiswa FISHUM untuk tetap menjadi yang terdepan khususnya dalam hal berkarya dan berkreatifitas,” imbuhnya.

Menurut keterangan dari panitia PBAK, beberapa rangkaian acara yang berlangsung selama 3 hari yakni Sholat Dhuha sebagai bagian dari materi Pembinaan Mental Spiritual bagi Mahasiswa, Kuliah Umum yakni Profil UIN Suka yang disampaikan oleh Ketua 1 IKA SUKA, Drs. Saiful Bahri Ansori M.Si, Ke-Sunan Kalijagaan disampaikan oleh Drs. H. Syamsudin Asrofi, M.M, dan Materi Pola Pengembangan Mahasiswa oleh WR III Bidang Kemahasiswaan Dr. Waryono Abd Ghofur serta sosialisasi UKM. Rangkaian acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan berlangsung di Gedung Prof.M.Amin Abdullah (Multi Purpose) (27/08/2018).

Sedangkan ditingkat Fakultas, kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa baru berlangsung di hari kedua, yakni tanggal 28/08/2018. Berlangsung di Gedung Prof. R.H.A Soenardjo (lantai 1) acara di hari kedua antara lain ialah Profil Fakultas yang disampaikan langsung olehDr.MochamadSodik,S.Sos,M.Si Dekan FISHUM, dan dimoderatori olehTitikWardaniyah Amini. Pedoman Akademik dan tata tertib mahasiswa olehDr. ErikaSetyantiKusumaputri S.Psi,M.Sidan Dr.Sulistyaningsih,S.Sos,M.Si dimoderatoriNajib, mahasiswa Ilmu Komunikasi. Penyampaian materiProfil Program Studi yang disampaikan olehKaprodi danSekprodi masing-masing Program Studi yakni Sosiologi, Psikologi, dan Ilmu Komunikasi. Yang terakhir diisi dengan materi Pengenalan ORMAWA. Hari ketiga ada penyampaian materi Kesilaman dan Keindonesiaan olehAchmadZainal Arifin, M.A., Ph.D, Materi Student Government olehHendris S.Sos.

“Dari Ormawa menyampaikan materi terkait Profil dan kinerja Ormawa itu sendiri. Senat Mahasiswa (SEMA) misalnya, sebagai lembaga legislatif yang memiliki 3 tugas yakni controlling, budgeting, dan legalising di setiap agenda kemahasiswaan. DEMA dan HM-PS sebagai lembaga eksekutif yang memiliki peran sebagai eksekutor. Materi lain ya paling terkait dengan kegiatan dan visi misi masing-masing Ormawa,” Jelas Taufik Hidayat, selaku ketua Senat Mahasiswa FISHUM.

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini penyelenggaraan PBAK 2018 juga didukung penuh oleh Dr. Mochamad Sodik selaku Dekan FISHUM, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Sulistyaningsih, Very Julianto, M.Psi dosen Psikologi yang menjadi ketua PBAK dari pihak dosen dan tentunya dukungan dari seluruh elemen Fakultas. (tri)