Sosialisasi Program Akademik Bagi Orang Tua/Wali Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Tahun 2022

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan sosialisasi program akademik bagi orang tua/ wali mahasiswa baru, yang berlangsung di Gedung Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah UIN Sunan Kalijaga (07/09/2022). Narasumber sosialisasi sesi pertama kali ini diisi oleh pimpinan fakultas diantaranya Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si. Wakil Dekan Bidang Administrasi, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Yani Tri Wijayanti, S. Sos., M.Si. dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Badrun Alaena, M.Si.

Sesi kedua acara ini juga diisi oleh Kaprodi, diantaranya Kaprodi Psikologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga, Lisnawati, S.Psi., M.Psi. Kaprodi Sosiologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga, Dr. MUryati, S.Sos., M.A. Kaprodi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., M.Sn. Sekprodi Psikologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga, Mayrena Nurwarani, S.Psi., M.Psi., Psi. Sekprodi Sosiologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga, UI Ardninggar L, S.Sos., MA. dan Sekprodi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos., M.Si.

Dr. Mochamad Sodik, S. Sos., M. Si dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang untuk orang tua/wali di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga dan juga menyampaikan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan orang tua/ wali kepada UIN Sunan Kalijaga.

Hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga, Dr. Abdul Rozaki, M.Si. sebagai keynote speaker, menyampaikan bahwa UIN Sunan Kalijaga terus berorientasi pada dinamika terbaru dalam konteks persaingan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal ini dilakukan agar mahasiswa-mahasiswi yang berprestasi di kancah internasional akan mendapatkan kemudahan untuk mengakses pekerjaan di bidngnya tanpa hambatan akreditasi yang belum maksimal.

(Sesi Foto Bersama)

Dr. Mochamad Sodik, S. Sos., M.Si dalam sesi pertama sosialisasi menyampaikan Core Value UIN Sunan Kalijaga sebagai PTKIN yang akan mengintegrasikan dan menginterkoneksikan ragam keilmuan."Meskipun ada 3 prodi umum, akan tetapi didalamnya ada kajian keagamaan. Maka putra putri bapak dan ibu akan belajar Pengantar Studi Islam, Ulumul Qur'an, Ulumul Hadits, Peradban Islam dan sebagainya disamping belajar keilmuan sesuai prodi," terangnya. Beliau juga menambahkan bahwa hal tersebut patut disyukuri bahwa mahasiswa dapat belajar banyak hal di satu tempat.

Sementara itu, Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si menyampaikan perihal penciptaan budaya akademik kampus diantaranya memberikan dukungan dan fasilitas bagi para dosen, staf kependidikan, mahasiswa serta alumni untuk senantiasa melakukan capacity building dalam upaya implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, penguatan kegiatan dan produk dari setiap laboratorium yang ada di FISHUM, dan pengembangan pusat studi yang ada di FISHUM.

Dilanjutkan Dr. Yani Tri Wijayanti, S. Sos., M.Si., beliau menjelaskan mengenai sarana dan prasarana FISHUM UIN Sunan Kalijaga yang terus diperbaiki sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan yang ad mengingat bahwa sarana dan prasarana merupakan penunjang utama bagi seluruh civitas akademika. Sosialisasi sesi pertama ditutup oleh Dr. Badrun Alaena, M. Si. dengan mengajak orang tua/wali untuk menjadikan anak didik yang berkarakter dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Sosialisasi sesi kedua diawali pemaparan dari Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., M.Sn. selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi bersama Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos., M.Si. selaku Sekprodi Ilmu Komunikasi, mengenai peluang kerja di bidang advertising dan public relation yang akan terus meningkat di masa yang akan datang, dimana dua bidang tersebut merupakan cabang konsentrasi dari program studi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga.

Hal senada disampaikan oleh Kaprodi Psikologi, Lisnawati, S.Psi., M.Psi dengan sekprodi Psikologi, Mayrena Nurwarani, S.Psi., M.Psi., Psi. yang menyampaikan bahwa ilmu yang didapat mahasiswa psikologi akan bermanfaat di masa yang akan datang dengan contoh profil lulusan seperi fasilitator pengmbangan masyarakat, asisten psikolog, konselor dan lain sebagainya, didukung dengan kualitas prodi yang terakreditasi "baik sekali" berdasarkan kriteria BAN-PT.

Narasumber terakhir, sosialisasi program akademik sesi kedua diitutup oleh pemaparan dari Kaprodi Sosiologi, Dr. Muryanti., M.A. bersama Sekprodi Sosiologi, UI Ardaninggar L. S.Sos., M.A. dengan harapan besar untuk keberhasilan studi seluruh peserta didik atas pelayanan dan bimbingan terbaik yang telah diberikan kepada mahasiswa. (tia/tim kreatif)