Sosialisasi Visi Misi dan Program Kerja Fakultas di Pulau Karimunjawa

Sebagai bagian dari lembaga Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHum) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terus meningkatkan kualitas sistem pendidikan. Setelah melakukan studi banding di Universitas Diponegoro (11/07/2019), keesokan harinya, Tenaga Kependidikan (Tendik) FISHum lakukan sosialisasi.

Sosialisasi kali ini dilakukan di Pulau Karimunjawa (12/07/2019) bertempat di Aula Kecamatan Karimunjawa. Sosialisasi ini diisi oleh Wakil Dekan II Bidang Administrasi FISHum, Dr. Sabarudin, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FISHum, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si, Dra. Budhi Susilowati,M.A. selaku Kepala Bagian Tata Usaha FISHum, serta Nor Soleh P, SE. selaku sekretaris camat Kecamatan Karimunjawa

Hadir sebagai peserta segenap tokoh masyarakat di Kecamatan Karimunjawa dan rombongan Tenaga Kependidikan yang kemarin ikut berkunjung ke UNIDP.

Menurut Wakil Dekan II FISHum, Dr. Sabarudin, Tendik FISHum lakukan kunjungan ke Karimunjawa untuk melakukan sosialiasi Visi Misi. Sosialisasi kali ini bertujuan untuk mengembangkan manajemen dan administrasi institusi.

“Harapannya, setelah acara ini, alumni-alumni SMA bisa termotivasi untuk melanjutkan studi ke Jogja,” jelas Sekcam Kecamatan Karimunjawa, Nor Soleh.

Menurutnya, Karimunjawa merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi luar biasa. Terletak di sebelah Barat Laut Kabupaten Jepara, Kecamatan Karimunjawa memiliki 4 desa, yaitu Karimunjawa, Kemujan, Parang, dan Nyamuk yang terbagi kedalam 27/30 pulau. Potensi yang dimiliki oleh Karimunjawa, tentu harus didukung dengan SDM yang memadai.

Sementara itu, pemaparan sosialisasi dilakukan oleh Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si. Menurutnya, sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri Islam, FISHum memiliki misi untuk memadukan dan mengembangkan Studi Keislaman, Ilmu Sosial dan Humaniora dalam pendidikan dan pembelajaran.

“Selain itu, FISHum juga memiliki misi untuk mengembangkan budaya penelitian dan advokasi sosial keagamaan. Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas akademik, manajemen dan pengabdian pada masyarakat,” tuturnya.

FISHum memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana ilmu sosial dan humaniora yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang integratif-interkonektif. Tercatat ada jumlah Mahasiswa Aktif Semester genap Tahun akademik 2018/2019 ada 1.451.

Selain itu, FISHum juga memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana yang berakhlak mulia dan memiliki tanggungjawab sosial kemasyarakatan. Ketiga, Menghasilkan sarjana yang menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan kemanusiaan. Keempat, Menjadikan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora sebagai pusat studi yang unggul dalam bidang kajian dan penelitian sosial dan humaniora yang integratif-interkonektif.

Sedangkan, jumlah alumni, tercatat sebanyak 1.739 alumni yang berkiprah di berbagai bidang. Baik pendidikan, politik, ekonomi, maupun bidang lainnya. Ada beberapa pusat studi yang dimiliki oleh FISHum, salah satunya yakni APC (Applied Psychology Center), MoGA (Moslem Global Affair Insitute), ComTC (Communication Training Center), NIAFS (Network Indonesia-Australia Family Studies), serta MLC (Media Literacy Circle).

“Dalam hal publikiasi, Sosiologi tahun lalu mendapat sinta 3 dan Insyaallah dalam proses sinta 2. Sedangkan Ilmu Komunikasi telah mendapat sinta 2 dan akan mengejar sinta 1. Sedangkan untuk prodi Psikologi sedang mengejar minimal mendapat akreditasi sinta 3,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Dra. Budhi Susilowati,M.A. selaku Kepala Bagian Tata Usaha mengucapkan banyak terimkasih atas sambutan dan ketersediaan hadir bagi tokoh masyarakat di Kecamatan Karimunjawa.

“Setelah jadi UIN maka muncul Fakultas-Fakultas umum yakni Sains dan Teknologi. Kedua, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Ada 3 progam studi yang menjadi salah satu prodi favorit di UIN dari Fakultas ini, yakni Psikologi, Ilmu Komunikasi dan Sosiologi,” tuturnya saat menjelaskan.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Sabarudin, Wakil Dekan II Bidang Administrasi FISHum. Beliau sangat berterimakasih dan bangga bisa melakukan sosialisasi di Kecamatan Karimunjawa. Dengan adanya kegiatan ini, semoga bisa menambah wawasan dan motivasi bagi anak-anak di Karimunjawa yang ingin melanjutkan studi ke UIN Sunan Kalijaga. (tri)

Berita Terpopuler