Launching Unit Pelayanan Psikologi

Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHum) UIN Sunan Kalijaga baru saja meluncurkan (launching) unit baru. Launching Unit Pelayanan Psikologi (UPP) kali ini berlangsung Senin, 22 Juli 2019. Bertempat di Ruang Sidang lt. 2 FISHum, acara ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Humaniora, Dr. Mochammad Sodik, S.Sos., M.Si., Dosen FISHum dan mahasiswa sebagai undangan.

Dalam sambutannya, Dr. Mochammad Sodik menjelaskan bahwa keberadaan unit ini sangat penting untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang ada. “Menangani masalah tanpa masalah,” begitu tuturnya.

Menurutnya, semakin hari mahasiswa memiliki masalah dengan adanya kecanggihan teknologi. Telfon pintar atau smartphone menghasilkan generasi menunduk dan ini terjadi di kalangan kita.

“Orang pada zaman dahulu memilki mental yang kuat dalam menghadapi masalah. Generasi milineal saat ini dikatakan memiliki masalah yang berat. Maka, UPP ini diutamakan untuk masalah FISHum. Sewajarnya bahwa tiap manusia memilki masalah, tetapi tidak semua orang dapat menyelesaikan masalahnya,” imbuhnya lagi.

Beliau juga mengatakan bahwa sejatinya, Tuhan tidak akan membebani manusia dengan masalah yang tidak bisa ditimpanya. “Sebenarnya beban masalah itu harus dibagi. Oleh sebab itu, hal yang perlu dibangun adalah indeks kebahagiaan. Yang perlu meningkatkan adalah kita. Sebenarnya dalam revolusi industri, tidak hanya 4.0 tetapi bahkan bisa sampai 5.0 dan seterusnya,” jelasnya.

Keberadaan UPP ini bertujuan untuk menimbulkan rasa kebahagiaan di kalangan mahasiswa dan dosen. Sehingga, mereka bisa menjalin relasi dengan baik. Perlu adanya kebersamaan antara dosen dan mahasiswa, di sinilah keberadaan UPP ini sangat penting.

“Understanding for better future begitulah misi UPP. UPP juga melibatkan mahasiswa supaya mahasiwa dapat mengembangkan kemampuannya. Keberadaan UPP ini diharapkan mampu mengintegrasikan tiga Prodi seperti Ilmu Komunikasi, Sosiologi dan Psikologi.

“Dengan hal ini dapat maju bersama-sama. Untuk mahasiswa lain diluar mahasiswa psikologi boleh belajar untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Psikologi atau UPP ini. Ilmu psikologi ini sesunggguhnya merupakan ilmu yang rumit dan diperlukan oleh publik agar bisa dimanfaatkan oleh pihak lain.

UPP ini diharapkan sekali lagi dapat meningkatkan kesehatan jiwanya terutama bagi mahasiswa awal untuk antisipasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan jiwa. Hal itu bisa dijadikan sbegai riset dan juga tantangan bagi para dosen. Oleh sebab itu, UPP diharapkan bisa membantu mahasiswa dan mahasiswi dalam menyelesaikan masalahnya.

Senada dengan hal ini, Mayreyna Nurwardhani , S.Psi, M.Psi. selaku pengurus Psikologi (UPP) sekaligus Dosen Psikologi menyampaikan bahwa keberadaan UPP ini memang bertujuan untuk menyelesaikan masalah mahasiswa berdasarkan nilai keislamaan. Selain itu yang meletar belakangi adanya UPP ini ialah berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasional.

“Visi menyelesaikan masalah dengan nilai keislaman. Sasaran pelayanan UPP ini yaitu khusus mahasiswa FISHum. Beberapa alur pendaftaran UPP ini yang pertama ialah pra pendaftaran klien menghubungi CP atau datang ke kantor UPP buka jam 09.00-12.00,” jelasnya.

Kedua, pendaftaran klien datang ke kantor UPP yang ada di lantai 3 FISHum. Ketiga, wawancara awal klien melakukan interview dengan asisten. Keempat, konfirmasi waktu pelayanan klien menunggu konfirmasi asisten terkait dengan waktu pelayanan. Kelima, klien mendapatkan pelayanan konseling

Layanan konseling yang diberikan yaitu seputar pertemanan, perkuliahan, keluarga, pribadi dan pekerjaan. Acara peresmian ini dilanjutkan dengan acara peresmian UPP dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FISHum, Dr. Mochammad Sodik M,S.i.diberikan kepada Ibu Mayreyna Nurwardhani. (indra)

Berita Terkait

Berita Terpopuler