Evaluasi dan Pembubaran Panitia AICoSH dan eNJOY Camp 2019

Sukses menyelenggarakan kegiatan Annual International Converence On Social Sciences and Humanities (AICoSH) tanggal 25-27 Juni 2019 dan International Jogja Youth Camp 2019 (eNJOY Camp 2019) tanggal 28-30 Juni 2019, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHum) UIN Sunan Kalijaga gelar rapat evaluasi. Kegiatan ini sekaligus pembubaran panitia kedua kegiatan tersebut.

Tahun ini, AICoSH sukses diselenggerakan dengan mengangkat tema Revolusi 4.0: Religiusitas, Identitas, dan Perubahan Sosial. Sedangkan eNJOY Camp yang juga berhasil mendatangkan peserta dari 5 negara di ASEAN mengangkat tema New Youth Awarness For an Inclusive Region.

Evaluasi sekaligus pembubaran panitia ini berlangsung di Interactive Center (IC) FISHum tanggal 25 Juli 2019. Dalam sambutannya, Dekan FISHum mengapresiasi kerja tim yang berhasil menyukseskan kedua kegiatan internasional tersebut. Beliau merasa bangga, karena tag line FISHum Muda Terkemuka ternyata menjadi semangat bersama. Tidak hanya pimpinan, tetapi juga elemen Fakultas lain seperti Dosen, Tendik, dan bahkan mahasiswa.

“Jadi saya merasa sangat bangga kepada Pak Fajar dan tim. Tahun depan insyaallah acara ini sudah kita siapkan mulai dari penganggaran dan perencanaan. Kita harus terdepan dalam hal ini, melaksanakan kegiatan-kegiatan internasional. Mengapa penting? Karena ini tuntutan di era milenial sekaligus tuntutan birokrasi,” tuturnya.

Kegiatan-kegiatan semacam ini menurutnya penting sebagai implementasi dari 9 kriteria dalam akreditasi. Bermitra dengan banyak pihak, apalagi UIN khususnya juga FISHum menjadi bagian penting dari dunia Islam dan dunia Internasional.

“Supaya kita persiapkan. Karena kita menjadi bagian penting dari dunia islam dan dunia internasional maka FISHum diharapkan menjadi model dalam hal ini. Memang kita tidak hanya membangun reputasi. Kita ingin SDM kita semakin kuat dari waktu ke waktu. Supaya FISHum menjadi lebih baik,” imbuhnya lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Fajar Iqbal M.Si. Selaku ketua panitia AICoSH beliau mengapresiasi kerja-kerja dari semua teman-teman. Baik panitia Dosen, Tendik dan Mahasiswa selaku Voulenteer. Meskipun beberapa hal perlu di evaluasi seperti dalam hal koordinasi dan kesadaran kerja tim, namun secara keseluruhan acara ini bisa dikatakan sukses.

Menurutnya, Forum AICoSH ini merupakan penyelenggarakan yang pertama di FISHum, UIN Sunan Kalijaga yang langsung mendapat tanggapan peserta yang luar biasa. Hal itu dapat dapat dilihat dengan ratusan peserta dari 5 negara: India, Turki, Philipina, Singapura, dan Indonesia. Sementara itu, ada 120 partisipan yang akan mempresentasikan hasil-hasil riset dari negara masing-masing, yang dikelompokkan dalam tiga sub tema dipayungi oleh tiga Prodi yang ada di FISHum (Prodi Sosiologi, Prodi Komunikasi dan Prodi Psikologi).

Beliau mengucapkan terimakasih kepada semua elemen Fakultas dan Universitas yang membantu menyukseskan acara ini. Tidak hanya ketua AICoSH, Achmad Uzair, S.IP., M.A., Ph.D. selaku ketua panitia eNJOY Camp 2019 juga mengucapkan banyak terimakasih. Selain suksesnya mendatangkan mahasiswa dari berbagai negara seperti Philipina, Brunei, Malaysia, Singapura, Thailand, eNJOY Camp juga berhasil mendatangkan peserta dari komunitas-komunitas pemuda seperti komunitas Gusdurian, Perwakilan Pemuda Kristen, Perwakilan Pemuda Katolik, dan Perwakilan Pemuda Budha.

“Jadi kedepan mungkin kita perlu melakukan hal yang sama supaya lebih maksimal. Kita juga memaksimalkan penggunaan media sosial. Kedepan kita juga perlu mengintensifkan lagi publikasi yang lebih populer. Selain publilkasi, keberhasilan dari sisi partnership. Ada banyak yang membantu kita, misalnya AIFIS, Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Pariwisata, Rumah Inggris Jogja, Swift English, dan Kabiro serta Kabag Universitas juga membantu acara ini sukses dilaksanakan,” jelas Achmad Uzair, S.IP., M.A., Ph.D.

Selain Dekan dan ketua kedua kegiatan tersebut, kegiatan ini juga mendapan banyak evaluasi seperti dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Kepala Bagian Tata Usaha, Dra. Budhi Susilowati, M.A., Sekertaris AICoSH 2019, Dr. Muryanti, S.Sos., M.A., Koordinator Call for Paper, Rama Kertamukti, S.Sos., MSn, Koordinator Konferensi Internasional, Pihasniwati, S.Psi, M.A., Psikolog, daro Divisi Publikasi Dr.Diah Ajeng Purwani, S.Sos, M.Si., Divisi Perkap ada evaluasi dariAgus Saputro, M.Si., serta dari mahasiswa. Acara ini ditutup dengan doa oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi, Dr. Sabarudin, M.Si.

Sampai jumpa di acara AICoSH dan eNJOY tahun depan. Bangkitkan semangat mudamu, FISHum Muda Terkemuka!!! (tri)

Berita Terpopuler