Sosialisasi Program Akademik Bagi Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta baru saja mengadakan sosialisasi program akademik bagi orang/tua wali mahasiswa baru. Berlangsung, Kamis (22/08/2019) di gedung Prof. Soenarjo (CH) lantai 1. Sosialisasi kali ini diisi oleh pimpinan Fakultas yakni Dekan Dr. Mocahamad Sodik, S.Sos., M.Si. Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si. Wakil Bidang Administrasi Umum, Dr. Sabarudin, M.Si. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si.

Acara ini juga diisi oleh Kaprodi, Yakni Kaprodi Sosiologi Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D. Kaprodi Psikologi Lisnawati, S.Psi., M.Psi. dan Kaprodi Ilmu Komunikasi Drs. Siantari Rihartono, M.Si. Tidak hanya Kaprodi, sosialisasi ini juga diisi oleh Dr. Shofwatul 'Uyun, S.T., M.Kom. selaku kepala UPT. PTIPD UIN Sunan Kalijaga. Ia menjelaskan mengenai sistem layanan baru yakni pemantauan akademik yang bisa dilakukan orang tua/wali terhadap aktifitas perkuliahan anak-anaknya.

Dekan FISHum saat memaparkan materi menjelaskan mengenai visi misi dari Fakultas itu sendiri. Fakultas memiliki visi untuk menjadi Unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan studi keislaman, ilmu sosial dan humaniora bagi kemanusiaan. Sementara, misinya ialah Memadukan dan mengembangkan Studi Keislaman, Ilmu Sosial dan Humaniora dalam pendidikan dan pembelajaran. Kedua, mengembangkan budaya penelitian dan advokasi sosial keagamaan. Ketiga, membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas akademik, manajemen dan pengabdian pada masyarakat.

Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si. menjelaskan bahwa orang tua/wali mahasiswa baru harus merasa bangga. Karena anak-anaknya yang berhasil masuk UIN merupakan anak-anak yang unggul. Menurutnya UIN Sunan Kalijaga masih menjadi pilihan favorit bagi para calon mahasiswa baru. Hal ini terbukti dari tingginya animo pendaftar yang mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga tahun 2019.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Menurutnya untuk masuk ke FISHum ada beberapa jalur yang bisa diakses, yakni Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), CBT (Computer Based Test) 1, CBT (Computer Based Test) 2, dan PBT (Paper Based Test).

Semua jalur seleksi tersebut mengalami peningkatan pendaftar dari tahun sebelumnya dengan jumlah total mencapai 103.271 orang. Bahkan untuk jalur SPAN–PTKIN, UIN Sunan Kalijaga masuk urutan kedua sebagai kampus terfavorit nasional dengan jumlah pendaftar 50.500 orang. Sedangkan jumlah keseluruhan mahasiswa baru yang diterima adalah 4.780 orang.

Sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sulistyaningsih juga mengajak orang tua/wali untuk bersama-sama menjadikan anak didik yakni mahasiswa yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara. Untuk koordinasi lebih lanjut dan melakukan pemantauan, seperti tahun sebelumnya, orang tua/wali akan dubuatkan group whatsapp. (tri)

Berita Terpopuler