Dies Natalis ke-14 FISHum Resmi Di Buka

Dies Natalis Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHum) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta resmi dibuka. Berlangsung Jum’at, 27 September 2019, acara pembukaan ini dihadiri langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

Hadir pula dalam pembukaan kali ini Dr. Mochamad Sodik, S.Sos, M.Si. Beliau mengapresiasi semangat panitia dan sivitas akademika FISHum UIN Sunan Kalijaga yang telah menyukseskan acara ini.

Dalam gelaran Dies Natalis Fakultas ke-14, FISHum mengadakan serangkaian acara. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan donor darah, penanaman pohon yakni FISHum Go Green, serta Workshop pemberdayaan perempuan Sapen dengan PeKa Ramah Lingkungan ini akan diperuntukkan untuk masyarat di sekitar UIN Sunan Kalijaga.

Menurut Dekan FISHum, dengan beberapa agenda yang melibatkan semua elemen, FISHum ingin menjadi Fakultas yang tidak berada pada menara gading. FISHum sebagaisalah satu Fakultas yang baru berumur 14 tahun juga mencoba menjawab tantangan-tantangan global. Tidak hanya menjaga hubungan dengan manusia, tetapi juga merawat hubungannya dengan alam.

Dekan FISHum selalu menjaga kenyamanan proses pembelajaran bagi mahasiswa. Baik sari sarana prasarana, kurikulum, maupun lingkungan Fakultas yang selalu dijaga agar selalu sejuk dan nyaman dengan banyaknya pohon-pohon yang ditaman.

Sementara itu, Agus Saputro, M.Si., selaku ketua Dies Natalis FISHum yang ke-14, menyatakan bahwa tema yang diambil dalam Dies kali ini yakni Menyapa Dunia: Internasionalisasi dan Penguatan Teknologi Informasi Menuju Budaya Unggul.

Sebagai negara Indonesia yang memiliki ideologi terbuka yakni Pancasila, tentu perkembangan globalisasi menjadi fase yang tak terhindarkan. Masyarakat Indonesia harus sadar bahwa mereka sudah memasuki masyarakat dunia,” jelasnya. dalam keterangan tertulis.

Menurutnya lagi, hanya ada pilihan menanggapi atau mem-filter efek globalisasi yang salah satu faktor utamanya adalah perkembangan teknologi informatika. Menurutnya, kita tidak bisa terlepas dari cengkraman perkembangan teknologi informatika tetapi, yang perlu dilakukan adalah menguasai dan mewarnai perkembangan ini dengan campur tangan kita.

Di acara pembukaan, juga dilakukan secara seremonial pelepasan burung merpati. Terlihat hadir dalam acara ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, Dra. Budhi Susilowati, M.A. Kaprodi Ilmu Komunikasi, Drs. Siantari Rihartono, M.Si. dosen-dosen, serta mahasiswa FISHum UIN Sunan Kalijaga. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler