Pelatihan Soft Skill Bagi Mahasiswa Bidik Misi

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pelatihan soft skill bagi mahasiswa bidik misi. Pelatihan kali ini berlangsung Senin, 11 November 2019 di Interactive Center (IC) FISHUM.

Narasumber dalam kegiatan ini antara lain ialah Dr. Yayan Suryana, M.Ag., selaku Dosen Sosiologi dan Dr. Khoirudin Bashori, M.Si., selaku dosen Universitas Ahmad Dahlan. Moderator dalam acara ini yakni Ui Ardaninggar Luhtitianti, M.A.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa penerima beasiswa bidik misi. Dr. Yayan Suryana dalam materinya berjudul pengembangan akhlak mulia pada mahasiswa: konsep dan praktik menjelaskan bahwa Islam memiliki cara tersendiri dalam mengembangkan akhlak. Belajar dari suri tauladan yakni Nabi Muhammad SAW yang memiliki sikap lemah lembut dan tidak kasar. Hal ini tertuang dalam Quran surat Ali Imran ayat 159.

“Your future is created by what you do today not tomorrow,” begitulah quote yang disampaikan olehnya.

Menurutnya lagi, ada 3 pilar kesuksesan dalam hidup, antara lain ialah kerja keras (amal), pandangan dan tujuan hidup serta yang terakhir ialah berusaha melakukan yang terbaik (ihsan).

Sementara itu, Dr. Khoirudin Bashori, M.Si. menyampaikan materi terkait dengan pengembangan soft skill mahasiswa. Menurutnya, karakter dan kompetensi menjadi kunci kesuksesan mahasiswa. Di sini soft skill dan hard skill memiliki peranan penting.

“Menurut Sujtipta, Kecakapan diperlukan agar seseorang mampu dan berani menghadapi problema kehidupan dan memecahkannyasecara arif dan kreatif. Pendidikan Relevan, jika hasilnya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa setelah lulus,” jelasnya.

Ada lima langkah yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa, pertama yakni Tilawah, membaca fenomena secara mendalam. Kedua, Ta’lim, berbagi ilmu. Mengajarkan sesuatu yang dibutuhkan. Ketiga, Kitabah, banyak menulis sebagai warisan peradaban. Keempat, Hikmah, mengambil pelajaran dari setiap kejadian, critical reflection. Terakhir yakni Tazkiyah, menyucikan hati. Jiwa tidak terkotori oleh penyakit hati.

Sementara itu, Zidni Immawan M, S.Psi,M.Si selaku ketua dalam kegiatan ini menekankan pada pentingnya soft skill bagi keberhasilan mahasiswa Bidik Misi. Maka kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan penting, khususnya bagi mahasiswa itu sendiri.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa mahasiswa bidik misi harus bisa mengasah kemampuannya baik akademik maupun non akademik. Kemampuan ini akan bermanfaat untuk memanfaatkan peluang ketika lulus nanti, baik bagi yang ingin melanjutkan studi maupun ingin bekerja. Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler