47 Mahasiswa FISHUM Akan di Wisuda Pada Februari 2020

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pembekalan bagi calon wisudawan/wisudawati periode II Tahun akademik 2019/2020. Berlangsung Selasa, 11 Februari 2020, pada wisuda periode kali ini FISHUM membekali 47 mahasiswa yang akan di Wisuda bulan ini dengan rincian yakni dari Prodi Psikologi 16 orang, Prodi Sosiologi 10 orang dan dari Prodi Ilmu Komunikasi ada 21 orang.

Berdasarkan keputusan Rektor UIN Sunan Kalijaga yang dibacakan langsung oleh Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISHUM tentang pemberian piagam penghargaan bagi wisudawan dengan predikat lulus terbaik pada wisuda sarjana periode II tahun akademik 2019/2020 memberikan piagam penghargaan kepada saudari Nadzifah Dzati Cahyani, dari Prodi Psikologi dengan indeks prestasi 3,60 dengan pujian lama studi 3 tahun 11 bulan 14 hari. Dzati mendapatkan penghargaan sebagai lulusan terbaik.

Selain penghargaan ini juga diberikan kepada calon wisuda dengan kategori penyusunan skripsi terbaik. Tiga mahasiswa dengan penghargaan penyusunan skripsi terbaik yakni 1. Desi Puspita Sari dari prodi Psikologi IPK 3,46 dengan judul skripsi Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri X Yogyakarta.

“Kedua, Anggi Rahma Noor Prastiwi dari Prodi Sosiologi dengan judul Peran Aktor Sosial dalam Pengeluaran Ekonomi Kreatif: Studi Kasus Pada Sentra Kerajinan Kipas Bambu di Jipangan Bangunjiwo Kasihan Bantul. Ketiga, Alif Arfaryono Tegar Herbowo dari Prodi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,65 judul skripsi Listerasi Digital Warganet di Media Sosial (Analisis Isi Twitter @clickunbait Periode 1 Januari - 28 Februari 2019),” jelas Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., saat mambacakan surat keputusan.

Pada periode kali ini, ada 18 calon wisudawan/wisudawati yang mendapat penghargaan dengan predikat Pujian. Nama-nama calon wisuda yang mendapat predikat pujian yakni Nadhifah Dzati Cahyani, Agus Nilawati, Rohmah, Alif Arfaryano Tegar Herbowo, Haydar Nabris Muhamad, Iqbal Maulana Fahrozi, Yanuar Fajar Pamungkas, Ida Maulidia Munawwarah, Marlina Bayakmiko Septiansyah, Rizfa Fadilah, Naila Latifatul Lu'lu'ah, Aulia Puspanjali, Abd. Rosyid, Hopyan Nazaki, Muhammad Wafiq Islami, Khoeriyah Setyawati, Renno Hadi Ananta, Rr. Hanif Mahatma Larasati

Dalam sambutannya, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa FISHUM yang akan menjadi alumni nantinya. Beliau berpesan, ketika sudah menjadi alumni UIN harus fasih secara keilmuan sekaligus keislamannya. Sehingga nilai integrasi interkoneksi bisa diaplikasikan dengan baik.

“Harus punya dedikatif dan inovatif. Kontinuitas, inklusif untuk masyarakat. Saya mewakili bapak ibu dosen mengucapkan selamat dan mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan. Saya kembalikan teman-teman mahasiswa ke orang tua masing-masing. Silahkan untuk tetap berkunjung, karena disini terbuka untuk teman-teman semua,” tutur Dekan FISHUM dalam sambutannya.

Pembekalan kali ini dibagi menjadi 3, yakni Ruang Interactive Center, Ruang 201, dan Ruang PR lantai 3. Beberapa narasumber dalam pembekalan kali ini ialah Very Julianto, M.Psi., Psikolog., dan di Moderatori oleh Nuristighfari Masri K, S.Psi., M. Si.P.si. Materi yang disampaikan ialah mengenai Jobseeking dengan tema Outlook Human Capital Indonesia: SDM unggul Indonesia Maju. Kedua, materi tentang Beasiswahunter dengan tema Step by Step Guidelines to Your Scholarship Application Process diisi oleh Sabiqatul Husna, S.Psi., M.A. dan dimoderatori oleh Dr. Muryanti, M.A. Materi ketiga diisi oleh Danar Dwi Santoso, S.Sos., terkait dengan Entrepreneurship dengan tema Wira Usaha, Suka duka dan Tantangan. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler