Pentingnya Menulis Dalam Dunia Akademik

Laboratorium Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan diksusi menulis karya Ilmiah, (21/02/2018). Kali ini, pengurus Laboratorium mengambil tema “Menulis Kuy : Diskusi Kepenulisan Karya Ilmiah,”. Tema ini diambil sebagai representasi tema generasi Millinneal serta bertujuan untuk membangkitkan semangat mahasiswa Sosiologi untuk menulis.

“Menulis merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa. Maka menjadi penting bagi mahasiswa untuk mengetahui cara-cara menulis ilmiah,” Ujar Tri Muryani selaku ketua Lab Sosiologi periode 2018. Menurutnya Di Era Millinneals, mahasiswa memiliki tantangan baru. Tantangan tersebut antara lain ialah kemudahan kecanggihan teknologi sebagai fasilitas sehari-hari yang memiliki banyak wadah informasi.

“Sayangnya, informasi yang difasilitasi oleh kecanggihan teknologi berbasis media sosial seringkali hanya menjadi informasi sampah. Bahkan pengguna sendiri semakin kesulitan untuk mengolah informasi yang benar-benar ia butuhkan. Alih-alih mendorong kemajuan bagi Ilmu Pengetahuan dengan banyaknya informasi, media sosial malah menjadi penyebab dari malasnya sesorang untuk membaca. Karena ia hanya menghabiskan waktunya untuk mengakses informasi yang sebenarnya tidak penting,” Imbuhnya.

Kegiatan ini mengundang Elvara norma Aroyandini, mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Saintek angkatan 2015. Elvara merupakan mahasiswa yang pernah meraih Juara 1 lomba menulis esai nasional yg diadakan oleh OPPO dan CNN Indonesia serta 5 Nominator terbaik esai PT.Kanisius dan dibukukan dalam buku "Menggagas Pendidikan di Indonesia". Peserta yang hadir sebanyak 35 terlihat dari jumlah absensi. Sebaian besar merupakan mahasiswa Sosiologi dan satu mahasiswa merupakan mahasiswa Pasca Sarjana.

Selain itu, dalam diskusi kali ini, pengurus Lab Sosiologi juga bekerja sama dengan HM-PS Sosiologi, serta didukung penuh oleh Prodi itu sendiri yakni Dr. Muryanti selaku pembina sekaligus ketua dari pihak dosen Lab Sosiologi serta Kaprodi Sosiologi Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D. Setelah diskusi usai dilaksanakan, Kaprodi Sosiologi merekomendasikan pengurus Laboratorium untuk menghasilkan karya-karya berupa tulisan serta mendokumentasikan karya-karya mahasiswa Sosiologi melalui website resmi Laboratorium. (tri)

Berita Terpopuler