Wadek III Bidang Kemahasiswaan FISHUM, Dukung Ormawa Tertib Administrasi

Tertib administrasi memang menjadi hal penting, apalagi institusi negara seperti kampus. Bagaimanapun, administrasi menjadi bukti fisik dari laporan pelaksanaan kegiatan serta dokumentasi bagi institusi itu sendiri.

Disampaikan oleh Dr. Sulistyaningsih selaku WD III dalam Pelatihan Administrasi bagi pengurus harian Ormawa terpilih 2018 (12/02/18) di Ruang Sidang lantai II FISHUM, bahwa tertib administrasi menjadi hal penting. Pelatihan ini diadakan sebagai bentuk dukungan dari Dekanat supaya Ormawa yang baru mengetahui bagaimana tata administrasi yang seharusnya dikerjakan. Karena sebagai bagian dari kampus, Ormawa memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan kegiatan mahasiswa.

Tertib administrasi menjadi penting menurut beliau, mengingat administrasi baik LPJ, SPJ maupun surat menyurat menjadi bagian dari proses integritas mahasiswa itu sendiri khususnya pengurus Ormawa. “Mari kita junjung tinggi integritas. Dalam melaksanakan kegiatan TOR dan proposal kegiatan harus segera dibuat maksimal seminggu sebelum kegiatan. Jangan sampai terburu-buru. Jangan sampai mendadak,” tuturnya. Hal senada juga disampaikan oleh Dra. Budhi Susilowati selaku Kepala Bagian Tata Usaha, Dra. Tri Agustin Nugraheni selaku Ka Subbag I dan Enny Iroh Hayati, SE, M.Si selaku Ka Subbag II. Beliau memberikan arahan apa yang perlu dipersiapkan oleh Pengurus Ormawa ketika akan melakukan kegiatan.

“Silahkan teman-teman membuat time schedule kegiatan,” jelas Dra. Budhi Susilowati selaku Kepala Bagian Tata Usaha saat memberi sambutan. Menurutnya beberapa hal time schedule menjadi landasan supata Ormawa bisa melakukan kegiatan secara sistematis. Disipiln administrasi antara lain ialah pengajuan Tor kegiatan dan permohonan SK kepanitiaan.

Disampaikan oleh Enny Iroh Hayati, SE, M.Si bahwa tata administrasi baik pra kegiatan sampai pasca kegiatan merupakan peraturan dari KMA No 09 tahun 2016. Sehingga memang pengurus Ormawa harus memperhatikan dan melaksanakannya sesuai aturan. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Dr. Mochamad Sodik S.Sos,. M.Si selaku Dekan FISHUM. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini selain diisi dengan pelatihan juga menjadi forum evaluasi antara Ormawa selaku bagian dari mahasiswa dengan Dekanat.

“Forum evalusasi menjadi penting karena bisa menjadi evaluasi dan dijadikan pembelajaran. Kita harus merubah persoalan dari material menjadi persoalan yang strategis. Kalau ingin maju bersama sangat bisa,” tuturnya. Beliau juga memberikan semangat kepada pengurus bahwa FISHUM merupakan Fakultas muda yang memililki banyak potensi. Tag line FISHUM MUDA Terkemuka menjadi spirit progresifitas antar elemen.

Terlihat hadir dalam kegiatan ini, Pengurus harian Senat Mahasiswa Fakultas, Dewan Eksekutif Mahasiswa, HM-PS Sosiologi, Ilmu Komunikasi dan Psikologi. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler