ADUIN Festival 2018, Ajang Revitalisasi Ide Kreatif Mahasiswa

Kecanggihan teknologi sudah seharunya kita manfaatkan. Apalagi sebagai mahasiswa yang memiliki dua tanggungjawab sekaligus, yakni sebagai pemuda dan sebagai kaum intelektual. Menjadi bagian generasi Millenial yang dilabeli sebagai generasi teknologi yang memiliki kemudahan akses tanpa batas ruang dan waktu tidak serta merta menjadikan daya kritis mahasiswa hilang. Justru, kemudahan akses ini harus bisa dimanfaatkan untuk melahirkan inovasi-inovasi baru.

Senada dengan hal tersebut, berangkat dari kegelisahan mahasiswa Ilmu Komunikasi (Advertising) Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengadakan ajang tahunan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang fokus pada konsentrasi Advertising (Periklanan). Tahun ini merupakan tahun ke-6 setelah digelar selama 5 tahun berturut yang kemudian dinamakan Aduin (Advertising UIN Suka) dengan tema Re-Kreasi. Tema ini kemudian menjadi gagasan besar dari Aduin itu sendiri, salah satunya produksi video kreatif.

Video berdurasi 1 menit ini menceritakan sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan demonstrasi. Melalui orasi yang disuarakan di depan FISHUM serta pesan yang dituliskan pada banner menggunakan cat, mereka menuntut agar mahasiswa sekarang tidak hanya diam, mahasiswa harus keluar dari zona nyaman. Zona nyaman adalah titik dimana para mahasiswa merasa aman dari masalah sosial yang mengakibatkan stagnasi.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Advertising) ingin menunjukkan kepada masyarakat secara umum dan mahasiswa secara khusus, mereka sudah lelah diam, karena mereka butuh inovasi dan butuh Re-Kreasi. Harapan mahasiswa Ilmu Komunikasi (Advertising) dalam agenda ini adalah mendorong mahasiswa agar terus menggali kreativitasnya dan mendorong mahasiswa agar tidak berhenti berinovasi, karena tanpa inovasi dan kretivitas mahasiswa akan mati ditelan peradaban.

Perlu diketahui, ADuin mempunyai serangkain acara yang seru dan menarik seperti Digital Activation, TVC, Print Ad, Pameran Karya, Seminar Kreatif dan Awarding Night. Seminar Kreative dengan tema “Break The Limit” yang menghadirkan Agus Mulyadi (Penulis, Redaktur Mojok.co) dengan materi “Creative Writing and Design in Digital Era” dan Erix Soekamti (Content Creator, Founder of Does University) dengan materi “Unstopable Movement”. Selain itu rangkaian acara terakhir yaitu Awarding Night yang akan menampilkan hiburan seperti konser dan Stand Up Comedy.

Open Brief ADuin Fest 2018 telah dibuka sejak tanggal 1 Maret 2018, sedangkan Roadshow ADuin Fest 2018 dimulai pada tanggal 11-15 Maret 2018. Roadshow ADuin Fest kali ini mengunjungi beberapa Universitas yang ada di sekitar pulau Jawa diantaranya, seluruh Universitas di Jogjakarta yang ada jurusan Ilmu Komunikasi, Visi Sekolah Desain, UNS, UNES, Universitas Muhammadiyah Solo, Universitas Airlangga, Petra, Universitas Negeri Malang dan lain sebagainya. Kemudian Seminar Kreative ADuin dengan tema “Break the Limit” akan dilaksanakan tanggal 24 April 2018 di Gedung Prof. Soenardjo (Convention Hall) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Awarding Night (Malam Penganugerahan) dilaksanakan pada tanggal 25 April 2018. (Rendi Febria Putra)

Berita Terpopuler