Halal Bi Halal dan Syawalan Virtual Keluarga Besar FISHUM: Islam Rahmah dan Ramah

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Halal Bi Halal dan Syawalan Virtual Keluarga Besar FISHUM (Jumat, 5 Juni 2020). Syawalan virtual menggunakan aplikasi Zoom ini diikuti oleh keluarga besar FISHUM beserta tamu undangan. Terlihat hadir dalam syawalan virtual kali ini Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., selaku Dekan FISHUM, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Sabarudin, M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi, dan Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., Selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.

Halal Bi Halal dan Syawalan Virtual juga dihadiri oleh keluarga besar FISHUM termasuk Kaprodi Sekprodi, serta Dekanat Sebelumnya yakni Prof. Dr. Kamsi, Prof. Dr Dudung Abdurahman, M.Hum, Ibu Dra Budhi Susilowati,M.A., Drs. Ahmadi,M.M., Dra. Siti Jauharin. Terlihat hadir pula Ketua PTIPD yakni Dr. Shofwatul Uyun, M.T, Ketua LPM Dr. Fachry Husain, M. Si, Direktur Pasca: Prof. Dr. Noorhaidi Hasan,M.A., Ketua Pusat Bisnis Fatma Amalia,S.Ag, M.Ag serta Alumni yakni Lutfi, Hani Hanaya (Jerman) dan ketua Ormawa yakni Ketua Dema FISHUM (Vavra) dan ketua HMPS Psikologi (Ahmad Fanani).

“Bapak ibu yang berbahagia, pada saat ini kita tidak bisa berjumpa langsung, dan saat ini. Bapak ibu yang berbahagia, tahun 2020 sebenarnya tahun terakhir dekanat yang dulu dilantik tanggal 1 Juli. Secara yuridis kami, yakni dekan tanggal 30 Juni berakhir. Oleh karena itu, saya selaku dekan pasti dalam perjalanan selama 4 tahun banyak kesalahan banyak kekurangan. Oleh karena itu, momentum yang berbahagia ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya akan segala kekurangan dan kesalahan”, tutur Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., selaku Dekan FISHUM dalam sambutannya.

Beliau menjelaskan bahwa selama catatan kepemimpinan dan perjalanan dekanat tentu akan disampaikan nantinya, tetapi secara garis besar capaian yang didapatkan oleh FISHUM salah satunya ialah pencapaian Akreditasi. Yakni prodi Sosiologi dengan Akreditasi A kemudian disusul oleh Prodi Ilmu Komunikasi yang juga memperoleh Akreditasi A. Prodi Ilmu Komunikasi juga menginspirasi yang lain karena jurnalnya sudah Sinta 2 dan disusul oleh Prodi Sosiologi dan Psikologi dengan Sinta 3.

“Kami juga terima kasih pada bapak ibu semua, khususnya Prodi Sosiologi yang sudah bersiap untuk mengajukan akreditasi AUN-QA. Kita tinggal menunggu proses assesmen lapangan. Sebentar lagi kami juga mengajukan pembukaan Program S2 Sosiologi karena sudah disetujui oleh senat fakultas beberapa waktu lalu. Kemudian kita tinggal mengajukan ke senat Universitas untuk disetujui,” imbuhnya lagi.

Dr. Mochamad Sodik mengucapkan terima kasih kepada keluarga FISHUM. Apalagi dalam hal akreditasi, Prodi Psikologi juga sedang bersiap untuk mengajukan reakreditasi dengan 9 kriteria. Keberanian dari Prodi Psikologi akan menjadi inspirasi bagi Prodi lain baik di FISHUM maupun di UIN Sunan Kalijaga.

Menurut Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang akademik UIN Sunan Kalijaga, Dosen merupakan kekayaan yang luar biasa yang dimiliki fakultas. Sehingga sehebat apa yang diraih fakultas itu sangat ditentukan oleh prestasi para dosen-dosennya. Dengan adanya berbagai macam keunggulan yang dicapai oleh fakultas kemudian adanya keberanian dari pemangku kebijakan maka menurutnya akan menjadi keunggulan tersendiri di masa depan.

“Sekarang sudah semakin lengkap yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, karena sudah ada guru besar, Doktor semakin banyak, prodi juga sudah akreditasi A, kemudian sudah berani juga melangkah ke AUN-QA, dan juga sudah mengawali akreditasi dari BAN-PT dengan kriteria 9. Kemudian untuk hal-hal yang sangat positif sudah mulai dirintis saya kira itu keinginan mulia dan baik. Harapan kami, siapapun penerus dekanat setelahnya bisa diteruskan kalau bisa dikembangkan. Kalau bisa pembukaan Prodi S2 tidak hanya di Prodi Sosiologi,” tuturnya.

Setelah sambutan dari Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag. keluarga besar FISHUM bersama-sama membacakan ikrar syawalan yang dipandu oleh Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D selaku Kaprodi Sosiologi. Setelah itu disampaikan tausyiah syawalan oleh Dr. Hamim Ilyas, M.Ag. yang menyampaikan tausyiah terkait dengan Islam Rahmah dan Ramah. Syawalan virtual juga diisi oleh beberapa sambutan setelah tausyiah selesai, yakni oleh Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si. serta ditutup oleh sambutan dari Plt. Rektor UIN Sunan Kalijaga Dr. Phil. Sahiron, M.A. (tri)