Dies FISHUM Ke-15: Webinar Kebangsaan “Islam Indonesia dan Norma(l) Baru

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Webinar Kebangsaan dengan tema “Islam Indonesia dan Norma(l) Baru. Berlangsung Jumat, 26 Juni 2020 menggunakan platform Zoom dan YouTube, acara ini merupakan rangkaian acara dalam rangka Dies FISHUM Ke-15. Sebelum webinar dimulai, acara diawali dengan Khotmil Quran & doa bersama secara virtual untuk keluarga besar FISHUM yang sedang sakit, dan doa untuk kesehatan dan keberkahan semuanya.

Khotmil Quran dipimpin langsung oleh Dr. Sabarudin, M.Si Wakil Dekan Bidang Administrasi FISHUM. Sedangkan untuk pembacaan doa, dipimpin oleh Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D. Berperan sebagai MC dalam acara ini, Trinidya Firdayani S.E Staf Keuangan FISHUM. Sebelum webinar kebangsaan di mulai, sambutan juga disampaikan oleh Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., Dekan FISHUM. Menurutnya, sebagai dekan yang ke-4 dibantu oleh wakil dekan yang luar biasa.

“Beliau-beliau sangat luar biasa, sehingga 4 tahun tidak terasa telah kita lalui. Jadi tanggal 30 Juni itu secara resmi masa terakhir untuk dekan, dan nanti PLH atau apa kita menuggu Plt rektor. Tetapi terlepas dari itu semua, 4 tahun ini masa yang sangat luar biasa, kita telah di support wd dan kaprodi. Sehingga prodi-prodi berkembang dengan luar biasa. Misalnya Prodi Ilmu Komunikasi sudah mendapat akreditasi A, Prodi Sosiologi juga sudah mendapat akreditasi A, dan Prodi Psikologi insyaallah siap menyongsong untuk 9 kriteria, dari 25 Juni sudah submit,” tuturnya.

Menyampaikan sambutan juga dalam acara ini Plt. Rektor UIN Sunan Kalijaga yakni Dr. Phil. Sahiron, M.A. “Selamat untuk FISHUM, semoga terus maju, terus berkembang dan juga terus memberikan kontribusi baik kepada bangsa maupun kepada negara,” jelasnya.

Setelah itu, disampaikan beberapa pemaparan oleh Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A. Dosen Sosiologi tentang pembelajaran di masa pandemi covid. Sesi sharing ini dimoderatori oleh Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., sambil menunggu kehadiran Prof. Dr. K.H Yudian Wahyudi selaku Kepala BPIP. Menurut Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si. untuk menghadapi realitas ilmuan bidang Psikologi sangat responsif menanggapi masalah ini. Penelitian langsung dilakukan dan dipublikasikan secara cepat. Imbasnya ialah kepada ekonomi, bisnis, pendidikan, media, politik dan sosial.

“Karena kita ada di organisasi pendidikan, maka perubahan pendidikan di sini akan sangat terdampak dari corona virus ini. Lalu kemudian, apa yang dibutuhkan untuk menghadapi realitas? Yang pertama kalau dari ilmu Psikologi adalah kita sangat memerlukan positif karakter,” Jelasnya. Berikutnya adalah profesional skill yakni digital, selain itu gaya hidup yang baru yang berpusat pada kesehatan dan keuangan yang tidak bisa kita hindari.

Model perubahan pembelajaran ini juga dirasakan oleh mahasiswa. Berdasarkan penelitian dari Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A, umumnya mahasiswa memiliki beberapa tantangan dalam menghadapi pembelajaran di era covid-19. Hambatan-hambatan yang dirasakan antara lain secara teknis ialah sinyal, pulsa, serta kesulitas mencari referensi buku yang belum e-book. Hambatan bagi mahasiswa difable misalnya netra, daksa, tuli, slowleanear juga sama. Sebagian besar mereka (difable netra) mengakses materi dengan screen reader, apabila menggunakan wa teman-teman difable kesulitan mengikuti percakapannya.

Upaya-upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengatasi hambatan antara lain ialah komunikasi dengan dosen, meminta bantuan teman, modifikasi pembelajaran dan meminta bantuan keluarga. Setelah pemaparan selesai ucapan selamat juga disampaikan oleh Prof. Dr. K.H Yudian Wahyudi selaku Kepala BPIP ditengah-tengah kesibukannya, beliau mengucapkan selamat Dies FISHUM Ke-15. Beliau berharap FISHUM kedepannya semakin maju, semakin muda dan terkemuka. Penyampaian pesan kesan juga dipandu oleh Drs. Bono Setyo, M.Si. Dosen Ilmu Komunikasi. Beberapa penyampaian pesan kesan dalam acara ini yakni oleh Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, M.A, Dra. Hj. Susilaningsih, M.A, Prof. Dr. Kamsi, M.A., Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si. serta beberapa alumni. (tri)

Berita Terpopuler