Konser Musik Virtual Dies Natalis Fishum ke-15 Capai 630 Viewer

Dalam memperingati Dies Natalis yang ke-15, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora menggelar konser Virtual pada tanggal 03 Juli 2020. Acara konser diawali oleh sambutan Ketua Panitia dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Dimana dalam sambutannya Ketua panitia menyatakan bahwa “selalu ada yang baru disetiap dies natalis Fishum. Seperti yang tertuang di dalam tema, ditengah pandemi ini kita banyak menghabiskan waktu di dunia virtual. Akan tetapi, diketahui ada banya orang tidak dapat berkontribusi secara positif. Seperti halnya peningkatan akses terhadap video porno. Didalam situasi seperti ini, kita bisa memilih untuk menjadi terkenal karena kontroversial atau terkenal karena menciptakan inovasi yang positif. Dan di saat ini, menjadi waktu yang sangat pas untuk kita menjadi fenomenal yang inovatif. Dengan akses yang tanpa batas, kita bebas untuk men-share­ ilmu yang kita punya untuk diakses tanpa batas”.

Adapun sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, beliau menyampaikan bahwa “kegiatan kita itu diranah segitiga antara ilmu, agama, dan seni. Dengan seni ini UIN Sunan Kalijaga semakindikenal. Dimana selama ini UIN Sunan Kalijaga makna yang diberikan lebih kepada makna agama, ilmu pengetahuan, dan falsafah. Untuk kedepannya semoga makna seni kebudayaannya akan semakin kuat. Karena perguruan tinggi kita sangat cocok dengan nilai kebudayaan”.

Acara ini memang menjadi berbeda dari peringatan dies natalis tahun-tahun sebelumnya, pasalnya acara digelar secara virtual via Zoom dan YouTube untuk menghindari penyebaran pandemic covid-19. Mengangkat tema “Menjadi Manusia Bermakna dan Fenomenal Di Era Virtual” konser ini dibuka langsung oleh Bapak Dr. Phil. Sahiron, M.A selaku Plt. Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “menjadi penting sekali di era 4.0 ini untuk bisa memahami IT. Tidak hanya di masa pandemi covid, kemajuan teknologi juga harus kita sambut dan menggunakannya dengan bijak sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan”.

Konser virtual ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III (Dr. H. Waryono, M.Ag), Ketua Senat Universitas (Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, M.A), Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Dr. Moch. Sodik, S.Sos., M.Si.), Wakil Dekan II (Dr. Sabarudin, M.Si), wakil Dekan III (Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si.), Plt. Kabag Fishum (Enny Iroh Hayati, M.Si), Ketua Prodi Sosiologi (Achmad Zainal Arifin, S.Sos., M.A., Ph.D), Dosen Fishum, Tendik, dan beberapa panitia mahasiswa.

Diketuai langsung oleh Bapak Agus Saputro M.Si (Dosen Sosiologi Fishum), konser virtual pertama kali ini mendapat sambutan yang hangat dari warga net. Pasalnya konser ini juga dimeriahkan oleh beberapa pengisi acara dari mahasiswa Fishum seperti Tia Istiana, Arumdalu, dan Tombogelo production. Tidak kalah menariknya, konser musik virtual ini juga diisi langsung oleh alumni Fishum Vira Kholiq yang eksis dibidang tarik suara, serta Trinidya Firdayani, S.E, dari Tendik Fishum UIN Sunan Kalijaga. Meskipun tidak seramai tahun sebelumnya, konser ini sukses menghibur para netter. (Popi)