Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A, Sambut Baik Acara Webinar FISHUM dengan Tema Mapping Riset untuk Menemukan Novelty Penelitian #Publish or Perish

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga mengadakan webinar dengan tema Webinar Mapping Riset untuk Menemukan Novelty Penelitian #Publish or Perish, Sabtu, 25 Juli 2020. Terlaksana pada pukul 10.00-12.00 WIB webinar kali ini merupakan respon FISHUM akan pentingnya publikasi di dunia akademik. Bagi akademisi, publikasi baik internasional maupun nasional bahkan merupakan kewajiban.

Drs. Bono Setyo, M.Si. selaku ketua acara sekaligus Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISHUM dalam sambutannya menjelaskan bahwa output dari webinar kali ini ialah konsistensi webinar dengan tema-tema yang relevan dalam hal publikasi.

“Setiap dua bulan nanti akan dilakukan webinar series dan serius terkait penulisan jurnal. Webinar ini mampu meningkatkan kualitas tulisan jurnal supaya bisa tembus internasional maupun nasional,” jelasnya.

Selaku ketua, beliau juga berterimakasih kepada pembicara, panitia, serta pihak kerjasama yang sudah bersemangat menyelenggarakan acara ini. “Selain berbagi ilmu kita juga akan membagikan software serta beberapa door price yang sudah di sediakan oleh RajaGafindo Persada,” jelasnya lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. yang juga sebagai Plt. WR 3 UIN Sunan Kalijaga. Menurutnya acara yang sangat luar biasa. Karena membahas mengenai novelty.

“Bicara tentang novelty bicara tentang kebaruan. Kita harus berkembang terus menerus. Saya kira ini kebanggan kita bersama. Kita terus mendukung dan menolong akademisi untuk terus berkarya melakukan publikasi supaya mereka tidak tenggelam,” tuturnya.

Semangat melakukan pembaharuan ke arah yang lebih baik menurutnya sejalan dengan nilai (value) UIN Sunan Kalijaga yakni Continuous Improvement yang artinya bersifat terbuka, akuntabel, dan komit terhadap perubahan dan keberlanjutan. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pembicara, panitia, serta rekan kerja sama,” imbuhnya.

Apresiasi untuk FISHUM juga datang dari Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga. Beliau dalam kesempatan kali ini juga memberi sambutan dan apresiasi untuk Dekan FISHUM. Menurutnya, semangat yang dimiliki Dekan FISHUM perlu ditiru oleh dekan-dekan di fakultas lain.

“Pak dekan yang sangat dinamis. Ini sudah acara yang ketiga saya hadiri selama 2 minggu saya menjabat sebagai rektor. Tentu saja ini semangat dari pak dekan untuk berlari. Pak Dekan FISHUM ini aset bagi kita semua, supaya tidak hanya untuk FISHUM tetapi juga untuk UIN Sunan Kalijaga,” tuturnya saat memberi sambutan. Menurut beliau FISHUM merupakan fakultas yang sangat produktif, tidak hanya dalam kegiatan tapi juga dalam hal jurnal.

“Dinamis dan paling maju,” imbuhnya. Beliau juga memberi sedikit bocoran terkait kepemimpinannya. Menurutnya selama beliau menjadi Rektor akan ada 2 priorotas utama. Pertama yakni Jurnal dan yang kedua yakni tentang teknologi.

“Saya dorong untuk penerbitan, dan fakultas kami dorong untuk menganggarkan jurnal. Kira-kira semuanya terutama dosen baru harus mendapatkan SK pengurus jurnal. Mari kita pacu UIN Sunan kalijaga untuk bisa berlari cepat.

Webinar kali ini diisi oleh beberapa narasumber yakni Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., M.Sn. selaku Editor in chief Profetik Jurnal Komunikasi sekaligus Dosen Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga dan Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D Editor Jurnal Sosiologi Reflektif yang juga sebagai Kaprodi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga. Sementara untuk moderator dipandu oleh Ambar Sari Dewi, M.A., Ph.D Dosen Sosiologi UIN Sunan Kalijaga dan juga Google Policy Reserach Fellow Winner. Acara ini juga dipandu oleh MC yakni Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos, M.Si Dosen Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga. (tri)

Berita Terpopuler