Dr. Mochamad Sodik, S.Sos, M.Si. Resmi Dilantik Menjadi Dekan FISHUM Masa Jabatan 2020-2024

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, MA. melantik pejabat pimpinan tingkat kampus yang teridiri dari Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana. Acara dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 dan secara hidmat dihadiri oleh dosen, tenaga pendidikan serta sivitas akademik, yang berlangsung di gedung Prof. RHA. Soenarjo, S.H., Selasa (28/7).

Dua belas dosen ini mengikuti prosesi pelantikan dengan lancar dan secara resmi diangkat untuk melaksanakan tugas tambahan di lingkungan UIN Sunan Kalijaga sesuai Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor:142.1 Tahun 2020 sebagai Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana dengan masa jabatan 2020-2024.

Salah satu pejabat yang dilantik ialah Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si yang sudah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga pada periode sebelumnya (2016-2020). Dalam pelantikan ini, Dr. Mochamad Sodik resmi dilantik menjadi Dekan FISHUM untuk periode selanjutnya yakni masa jabatan 2020-2024. Keberhasilan membawa FISHUM menjadi salah satu fakultas di UIN Sunan Kalijaga yang muda dan terkemuda membuat beliau kembali menjabat sebagai Dekan FISHUM.

Mengawali sambutannya Rektor UIN Sunan Kalijaga menerangkan secara singkat sejarah filsafat Amor Fati (love your destiny atau fate), yang artinya:‘Cintailah nasib Anda, peluklah dan berbahagilah dengan tugas hidup Anda!’ Laksanakan tugas dan bergembiralah! Apapun yang terjadi dengan kehidupan, tidak semua bisa kita kendalikan. Kita ditaqdirkan, bukan mentaqdirkan diri sendiri..

Al Makin menambahkan bahwa ada dua istilah dalam Jawa yang sangat penting kita perhatikan, yakni polah dan pasrah (usaha dan doa). Namun, lebih dari itu, keduanya terkait. Jika kita berusaha (polah), maka kita juga harus pasrah tentang apapun yang kita usahakan. Selain itu, dalam tradisi India ada istilah karma dan dharma. Keduanya sangat erat, karma adalah ketentuan kita di dunia ini, apa yang ditaqdirkan untuk kita. Dharma adalah pengabdian yang erat kaitannya dengan karma.

“Karma dan dharma harus seiring dan harus seimbang. Jangan sampai dharma dan karma tidak sama. Menjadi Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Rektor sudah karma, nasib, amor fati, love your fate. Dharma atau kewajiban mengikutinya, atau dalam Bahasa administrasinya:tugas pokok dan fungsi. Mari laksanakan dharma ini demi UIN Sunan Kalijaga untuk bangsa dan dalam rangka menjadikan UIN Sunan Kalijaga mendunia. ” kata Al Makin.

Rektor menegaskan bahwa setiap pejabat akan saya cek dan ajak komunikasi secara regular tentang program kerja dan capaiannya. Semoga difahami. Jangan sangat kita jatuh karena moral kita, karena prinsip kita, kita pegang demi UIN yang beragam, toleransi, satu nusa, macam-macam etnis, itulah Kolosium kita, itulah Pancasila kita.

Ia berpesan yang terpilih ojo jumowo, arogan, yang tidak terpilih harus legowo, ikhlaskan. Jaga stabilitas kampus, legowolah, dan masih banyak kesempatan wakil dekan wadek dan non-struktural. Program saya akan membesarkan non-struktural juga, Lembaga-lembaga yang lebih dinamis.

“Yang saya harapkan dari semua pejabat itu adalah loyalitas dan Kerjasama. Saya minta selama menjadi pejabat singkirkan kepentingan pribadi, kepentingan golongan dan hanya untuk UIN dan bangsa. Anda semua adalah satu team UIN, tidak ada lagi sekat-sekat dan pembeda berupa baju-baju lainnya.” tutur Al Makin.

Berikut nama 12 pejabat pimpinan kampus yang dilantik:

  1. Wakil Rektor Bidang I adalah Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S.Ag.,M.Si.
  2. Wakil Rektor Bidang II Dr. Phil. Sahiron, M.A.
  3. Wakil Rektor Bidang III Dr. Abdur Rozaki, S.Ag.,M.Si.
  4. Direktur Pascasarjana, Prof. Noorhaidi, M.A. M.Phil. Ph.D.
  5. Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Dr. M. Wildan, M.A.
  6. Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Prof. Dr. Makhrus, S.H.,M.Hum.
  7. Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
  8. Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag.,M.Hum.
  9. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Afdawaiza, S.Ag.,M.Ag.
  10. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Khurul Wardati, M.Si.
  11. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos. M.Si.
  12. Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.

(Humas UIN/tri)

Berita Terpopuler