FISHUM Bekali 36 Orang Calon Wisudawan/Wati Wisuda Periode IV T.A 2019/2020

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membekali calon wisudawan/wati wisuda periode IV T.A 2019/2020. Pembekalan kali ini berlangsung secara online, Senin 3 Agustus 2020 pada pukul 09.00-12.00 WIB. Dalam pembekalan kali ini, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. mengucapkan terima kasih dan sukses kepada mahasiswa FISHUM yang berhasil menyelesaikan studinya. Menurutnya, meskipun sudah diwisuda, calon wisudawan/wati tetap menjadi bagian penting dari FISHUM.

“Saya selaku Dekan FISHUM pertama mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Tentu kami juga mohon maaf apabila ada kesalahan selama adik-adik berproses di FISHUM,” tuturnya saat memberi sambutan.

Beliau juga mengajak calon wisudawan/wati untuk bergabung dengan Ikatan Alumni FISHUM, sehingga tali silaturahim dan ikatan kekeluargaan tidak terputus. Beliau juga berharap, setelah di wisuda, alumni FISHUM mampu mengimplentasikan ilmu dan pemikirannya untuk kemajuan bangsa dan negara. “Kita harus memiliki kesadaran untuk selalu menjadi lebih baik. Baik, lebih baik, dan yang terbaik,” imbuhnya.

Dalam pembekalan kali ini, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan laporan rekapitulasi calon wisudawan/wati wisuda periode IV T.A 2019/2020. Ada 36 orang yang berhasil menyelesaikan studinya dengan rincian Prodi Psikologi 10 orang, Prodi Sosiologi 5 orang, Prodi Ilmu Komunikasi 21 orang. Sedangkan bagi calon wisudawan/wati yang memperoleh predikan pujian yakni sebanyak 18 orang dengan rincian Prodi Psikologi 1 orang, Prodi Sosiologi 3 orang dan Prodi Ilmu Komunikasi 15 orang.

“Calon wisudawan/wati wisuda periode IV T.A 2019/2020 yang memperoleh predikat sebagai lulusan tercepat ialah 1 orang yakni dari Prodi Psikologi atas nama Wahyu Wiratmoko Nim. 16710027 IPK 3,83 dengan judul skripsi Peran Belas Kasih Diri dan Pemaafan terhadap Resiliensi pada Remaja dengan Orang Tua Bercerai,” tutur Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. saat menyampaikan laporan.

“Terima kasih sebesar-besarnya dan rasa kebahagiaan. Wisuda merupakan momen paling berharga. Momen itu merupakan tanda bahwa kami telah menyelesaikan studi kami. Ucapan terima kasih kepada orang tua, dosen, Tendik Fakultas, karena sudah membimbing kami dalam proses belajar. FISHUM selalu memberikan ruang kepada kami untuk belajar. Semoga, Fishum selalu berkembang dan menjadi rumah yang nyaman bagi generasi penerus kami. Kami juga akan berusaha menerapkan ilmu yang sudah kami peroleh dengan sebaik-baiknya,” kata wahyu saat memberikan sambutan mewakili teman-temannya.

Wahyu juga mendapatkan predikat sebagai skripsi terbaik, selain wahyu 2 lainnya yang mendapatkan predikat skripsi terbaik yakni Qorir Yunia Sari dari Prodi Sosiologi Nim 16720017 dengan judul skripsi Adaptasi Sosial Dalam Proses Belajar Mengajar Mahasiswa Divabel Program Sudi Sosiologi Uin Sunan Kalijaga”. Terakhir, predikat skripsi terbaik jatuh kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi atas nama Rumaisa Salsabila Nim. 16730099 dengan judul skripsi Kolektifitas Virtual Fandom Dalam Proses Branding Tokopedia”.

Dalam pembekalan kali ini, FISHUM menghadirkan beberapa narasumber diantaranya ialah Chiefy Adi Kusmargono, S.Psi, M.Sc.selaku Direktur Utama IPC Learning and Consulting yang menyampaikan dan memotivasi calon wisudawan seputar dunia pekerjaan. Narasumber kedua yakni Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos., M.Si. selaku Dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang menyampaikan materi seputar kewirausahaan sosial. Bagaimana memulai usaha, bagaimana menciptakan brand usaha, dan yang disampaikan ialah bagaimana membaca peluang usaha di era new normal. Narasumber yang ketiga yakni Aula Andika Fikrullah Al Balad, S.Pd, M.S. selaku Konsultan Pendidikan dan Penerima Beasiswa USAID yang menyampaikan materi seputar beasiswa.

Pembekalan kali ini dimoderatori oleh Dr. Muryanti, S.Sos, M.A selaku Dosen Prodi Sosiologi FISHUM. Sebelum acara dipandu oleh moderator, acara ini dibawakan oleh Nuristighfari Masri Khaerani, S.Psi., M.Psi Dosen Prodi Psikologi selaku pembawa acara. Acara ini berlangsung secara online menggunakan Room Zoom dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube FISHUM UIN Sunan Kalijaga. (tri)