Communication Webinar Series #1 : Here's the 2020 version of Public Relations

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga berkolaborasi dengan Komunitas Public Relations Oriented (PRO) mengadakan acara Communication Webinar Series 1. Communication Webinar Series 1 ini mengusung tema "Here's the 2020 version of Public Relations", dengan menghadirkan 2 narasumber yang ahli dalam bidang Public Relations, beliau adalah Dr. N. Nurlaela Arief, MBA. yang merupakan Pengajar dan Direktur Komunikasi dan Hubungan Almuni SBM ITB serta Ketua Perhumas BPC Bandung. Adapun narasumber kedua adalah Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos., M.Si. yang merupakan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga sekaligus Pembina Komunitas PRO. (30/7)

Acara ini dibuka dengan sambutan dari HMPS Ilmu Komunikasi, dan perwakilan komunitas PRO, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemberian materi oleh kedua narasumber. "Alhamdulillah peserta webinar kali ini mencapai 360-an peserta, yang terdiri dari berbagai kalangan baik mahasiswa, dosen, maupun perwakilan dari instansi humas, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia" tutur Helmy Fikri, ketua HMPS Ilmu Komunikasi.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi, adapun materi pertama diberikan oleh Ibu Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos, M.Si. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa di era sekarang ini, khususnya di era pandemi yang serba online, skill PR dalam mengolah media sangat diperlukan dalam menyampaikan dan update dengan berbagai berita yang beredar.

Adapun narasumber kedua, bu Dr. N. Nurlaela Arief, MBA, menyampaikan bahwa di era ini, terjadi perubahan kaitanya dengan data/informasi. Dulu, perusahaan mengedarkan data, lalu masyarakat mengkonsumsi, namun di era ini, semua pihak denga mudah dapat mengedarkarkan dan mengkonsumsi data, maka seorang PR harus pintar-pintar mengolah data. "Dulu all companoes are generating data, and others are consuming data, tapi sekarang all of us are generating and consuming data", ucapnya.

Acara ini diakhiri dengan sesi disuksi yang sangat seru, terlihat antusias peserta pun sangat tinggi dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. Akhirnya sesi Communication Webinar Series 1 ini ditutup dengan foto bersama, dan seluruh peserta mendapatkan e-sertifikat. (Medkominfo HMPS)