Communication Webinar Series #2 : Creative Strategy on Brand Building

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga mengadakan Communication Webinar Series 2 yang menjadi seri lanjutan dari seri sebelumnya. Pada seri kedua, HMPS Ilmu Komunikasi mengusung tema seputar dunia advertising yaitu "Creative Strategy on Brand Building" yang berkolaborasi bersama Komunitas Komando Strategi Advertising (KOSTRAD). Communication Webinar Series 2 kali ini menghadirkan dua narasumber yang ahli dalam bidang brand building dan advertising. Narasumber pertama adalah Anggiat Hutagalung yang mempunyai segudang pengalaman di dunia branding. Beliau pernah bekerja sebagai Brand Manager di Air Asia Indonesia, Senior Brand Manager di Citi Link Indonesia, Strategic Brand Manager di Blibli.com dan saat ini menjadi Founder Hang on Man! yang merupakan brand dan kreatif agensi. Adapun narasumber kedua yaitu Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., M.Sn. yang merupakan Dosen Prodi llmu Komunikasi khususnya konsentrasi advertising. (7/8)

Communication Webinar Series 2 diawali dengan sambutan oleh Ketua HMPS Ilmu Komunikasi yaitu Helmy Fikri kepada 230 peserta yang hadir dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen, dan instansi lainya. Sambutan kedua disampaikan oleh Dimas selaku perwakilan dari Komunitas Komando Strategi Advertising (KOSTRAD). Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yaitu Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. serta Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu Drs. Siantari Rihartono, M.Si juga memberikan sambutan kepada peserta yang hadir, mereka sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya acara webinar ini.

Memasuki acara inti acara, materi pertama disampaikan oleh Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., M.Sn. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa dalam membangun brand harus dimulai dengan komitemen. "Stop untuk berpromosi, mulailah dengan komitmen". Beliau juga mengatakan dalam membangun brand harus bisa merasakan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Adapun narasumber kedua yaitu Anggiat Hutagalung menjelu bahwa brand bukan hanya berbicara tentang produk, logo, iklan, dan lain-lain, tetapi juga berbicara tentang emosi dan value yang dirasakan oleh konsumen. "Brand are born of experience and reflect trust", artinya ketika sebuah brand berhasil menciptakan value yang membuat konsumen puas, maka brand itu akan terbentuk dengan sendirinya di pikiran konsumen.

Selesai narasumber menyampaikan materi, dibuka diskusi antara narasumber dan peserta, terlihat antusias para peserta yang tinggi dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. Acara Communication Webinar Series 2 ini kemudian ditutup dengan foto bersama dan seluruh peserta mendapatkan e-Sertifikat. (Medkominfo HMPS)