FISHUM UIN Dengan FISIP UNHAS Komitmen Jalin Kerjasama

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga baru saja menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makasar. Kunjungan kali ini (Jumat, 14 Agustus 2020) dalam rangka penandatanganan Letter of Intent (LOI). FISHUM UIN dan FISIP UNHAS berkomitmen menjadi kerjasama dalam Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Berdasarkan LOI No 5733/UN4.8/HK.07.00/2020 dan
B-459/UIN.02/DSH/PP.00.9/8/2020 yang ditandatangani langsung oleh kedua belah pihak, memiliki beberapa poin yang antara lain ialah:

1. Pertukaran akademisi, peneliti, dan staf administrasi
2. Pertukaran mahasiswa baik dalam hal kegiatan akademik maupun penelitian
3. Penelitian dan publikasi secara kolaboratif
4. Seminar, lokakarya, dan konferensi tentang bidang yang menjadi kepentingan bersama
5. Pengabdian masyarakat
6. Pengembangan pengelolaan jurnal ilmiah dan sitasi atas publikasi ilmiah
7. Penguatan dan pengembangan kelembagaan serta pelaksanaan pengelolaan kegiatan pendidikan dan pengajaran bersama pada program studi yang relevan.

Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. menyambut baik kunjungan kerjasama kali ini. Menurut beliau, dalam kerjasama ini, banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya ialah kegiatan FISHUM baik nasional maupun internasional.

"Insyaallah FISHUM memiliki berbagai kegiatan. Dalam hal internasional, nanti akan ada IO (international office) UIN, kalau nanti ada yang sifatnya internasional kami siap kerja sama. Untuk kemahasiswaan nanti ada juga ada Wakil Dekan III, yakni Pak Badrun," tuturnya.

Menanggapi baik hal ini, Dekan FISIP UNHAS berharap kedepannya FISIP dan FISHUM bisa menjalin kerjasama dengan baik. Terutama dalam hal pendidikan, platform online bisa digunakan untuk saling bertukar ilmu. Dosen FISHUM sangat memungkinkan untuk menjadi dosen tamu dan mengisi perkuliahan di FISIP UNHAS dan bisa dilakukan secara online.

Kunjungan kali ini berlangsung Jumat 14 Agustus 2020, Pukul: 15.00 WIB - Selesai dan bertempat di Ruang Sidang FISHUM Lantai 2. Terlihat hadir dalam acara ini Prof. Dr. Armin M.Si. selaku Dekan FISIP Universitas Hasanuddin Makasar, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dekan FISHUM, Dr. Badrudin Alaena M.Si Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dra. RTM. Maharani M.M Kepala Bagian Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta Ambar Sari Dewi Ph.D Ketua International Office (IO) UIN Sunan Kalijaga. (Tri)

Berita Terpopuler