Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A. Beri Sambutan di Acara Webinar “Muda Merdeka Bicara Bangsa dan Pancasila”

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A. memberikan sambutan di acara webinar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 75 tahun dengan mengangkat tema “Muda Merdeka Bicara Bangsa dan Pancasila” (04/09/2020). Dalam sambutannya, beliau berpesan bahwa kita semua dan khususnya pemuda untuk tidak seperti malin kundang yang melupakan ibunya.

“Jangan sampai seperti Malin Kundang yang melupakan ibunya. Ibu pertiwi dan bahasa Ibu,” tuturnya.

Beliau juga menegaskan bahwa komitmen pada kebangsaan dan Pancasila tidak semata diukur dari frekuensi berdebat tentang Pancasila, tetapi lebih ditentukan oleh perilaku dan tindakan Pancasilais sehari-hari.

“Jangan berdebat apa itu kebajikan tapi jadilah kebajikan, jangan berdebat tentang pancasila tapi jadilah pancasila,” jelasnya.

Menurutnya lagi, pancasila adalah menyatukan segala sesuatu yang berbeda. “Gunawan Muhammad (Pemimpin Tempo) pernah menuliskan “Menjadi Indonesia itu menjadi malin kundang”maksud dari menjadi malin kundang adalah kita yang durhaka terhadap bahasa ibu contohnya seperti orang Jawa melupakan jawanya, dan menggantinya dengan bahasa Indonesia. Jika anda mengingkari bahasa ibu, berani berteman dengan orang yang berbeda etnis, kultur, budaya, mazhab, dan iman berarti anda adalah pancasila,” imbuhnya.

Terlihat hadir mendampingi Rektor, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM). Dalam hal ini, beliau juga menegaskan komitmen UIN Sunan Kalijaga pada nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila. “Semoga ke depan kami akan menghasilkan lulusan yang berdaya saing sekaligus berjiwa Pancasila,” tuturnya.

Webinar hasil kerjasama antara DEMA FISHUM dengan SEMA FISHUM kali ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain ialah Resti Luthfiani dari Gerakan Pembumian Pancasia, Dr. Ali Imron, S.Th.I MSI selaku Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara UIN Sunan Kalijaga dan Ulin Nuha Ahmad, S.I.Kom selaku Alumni Mahasiswa Fishum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Moderator acara kali ini yakni Ines Dyah Astuti selaku Wakil Ketua DEMA FISHUM. Acara ini berlangsung pada hari Jum’at tanggal 4 September 2020, pukul 09.00-11.30 WIB melalui aplikasi ZOOM Meeting yang disiarkan langsung dari Interactive Center (IC) FISHUM UIN Sunan Kalijaga dan diikuti kurang lebih 140 peserta. (tri)

Berita Terpopuler