Diskusi Dosen seri #1 Politicization of Religion and Democratization in Indonesia

Diskusi Dosen seri #1 in merupakan agenda baru yang akan berkelanjutan, di tengah masa pandemi ini untuk menyeimbangkan pendalaman keilmuan dosen Fakultas Ilmu Sosial Humaniora (28 September 2020), dilakukan secara online via Zoom menggunakan studio Interactive Center (IC), dimoderatori Dr. Diah Ajeng Purwani, M.Si. sekretaris prodi ilkom. Penyambutan oleh Dr. Sulistyaningih. S.Sos., M.Si. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik menyampaikan bahwa diskusi dosen berseri ini diselenggarakan untuk mewujudkan iklim kultur akademik dosen sehingga memberikan penambahan pendekatan berbagai keilmuan serta diharapkan dapat memperbaharuhi keilmuan.

Narasumber diskusi kali ini sangat menarik. Hal ini bisa kita lihat dari pengalaman para narasumber yang mendapatkan beasiswa AMINEf. Dalam hal ini, Zulkipli Lesy, Ph.D menyampaikan tips untuk mendapatkan beasiswa Postdoc AMINEF yang merupakan beasiswa terbesar di dunia. Manfaat yang didapat sangat menarik, misalnya seperti dapat mengembangkan jaringan secara global, gratis biaya pendaftaran universitas AS, bantuan akademik dan non akademik selama program, serta mendapatkan kesempatan terlibat dalam seminar dan konferensi.

Beasiswa ini ditunjukan untuk Program Sarjana khususnya akademisi dan profesional Indonesia yang bergelar Doktor untuk mengembangkan atau memperbarui penelitiannya melalui interaksi rekan terkemuka di universitas ter akreditasi di lembaga penelitian public maupun swasta, nirlaba di AS. Persiapan yang diperlukan seperti halnya lampiran CV minimal 6 lembar yang menunjukkan kualitas kepemimpinan serta pengalaman dalam komunitas, mempersiapkan sesuai bidang keilmuan, mahir bahasa inggris.

Selain hal diatas, calon penerima beasiswa juga dipriorotaskan yang memiliki hipotesis untuk menjawab yang dipertanyakan, jejak penelitian dan menjelaskan apa yang akan diteliti dari amerika serta apa yang harus dilakukan, diperlukan mahir dalam mempertahankan ide, menjawab pertanyaan dari permasalahan dengan menjawab pertanyaan dari apa yang di pelajari, merumuskan permasalahan. Penerapan yang dapat dipersiapkan di mulai dari Mengisi aplikasi web/ program untuk orang negara Amerika & Indonesia serta lamaran offline yang perlu disiapkan. Beberapa kelengkapan lain yang juga perlu disiapkan ialah dokumen-dokumen seperti surat rekomendasi dari dosen yang telah mengenal anda sebenar benarnya, copy ijazah yang di translate, ktp & paspor.

Pembicara selanjutnya disampaikan oleh Dr. Phil. A. Norma Permata, M.Ag., M.A yang menyampaikan tips beasiswa Fulbright dan Hasil riset. Tips dan trik yang diberikan cuku menarik mulai dari memilih tema proposal yang unik/ actual/disukai penguji yang dapat memberikan ketertarikan penguji, mencari rekommendasi yang berbobot, mencari host pinggiran seperti dari universitas kecil dari kota kecil yang belum pernah di dengar serta dapat meyakinkan penguji akan kebenaran kita. Pengalaman yang didapat mulai dari menulis, seminar & konferensi, kebutuhan pokok, pengajian dan sightseeing.

Hasil penelitian beliau dari Pollicization of Religion and Democratization in Indonesia, bahwa normalnya agama nasionalis beroposisi, akomodasi dan instrumentasi yang jelas, namun kini secara umum orang beranggapan politisasi agama dilakukan oleh kelompok keagamaan sekularitas yang dikenal (radikal/ moderat). Penelitian beliau dilakukan di Amerika.

Dari pemaparan kedua narasumber, didapatkan hal yang menarik seperti tips mendapatkan beasiswa mulai dari penentuan tema hingga administrasi yang diperlukan. Diskusi seri #1 ditutup oleh Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM). Saat menutup acara ini, beliau mengapresiasi dosen-dosen di FISHUM yang semangat mengembangkan keilmuan dengan melakukan berbagai riset baik di dalam maupun di luar negeri. Setelah menutup acara, dalam kesempatan kali ini, Dekan FISHUM juga menyerahkan Sertifikat penghargaan Anugerah Mutu 2020 kepada Kaprodi Sosiologi, Dr. Muryanti, M.A. sebagai Program Studi dengan komitmen dan pencapaian mutu yang dilakukan selama tahun 2020. Sertifikat ini diberikan langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. (28 September 2020) Agenda diskusi ini yang diselenggarakan berseri yang mengaktualisasikan dari berbagai bidang keilmuan maka terus ikuti diskusi seris yang menarik ini. (Nafa/tim kreatif)

Berita Terpopuler