Workshop: “Pengelolaan Webinar Bagi Tendik”

Pandemi Covid-19 secara tak langsung menggerakkan masyarakat untuk beralih ke aktivitas digital. Data terbaru menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet dan pengguna media sosial di seluruh dunia telah meningkat lebih dari 300 juta selama 12 bulan terakhir. Analisis menunjukkan bahwa 4,57 miliar orang sekarang menggunakan internet, meningkat lebih dari 7% dibandingkan tahun lalu.

Merespon hal ini, Workshop yang bertema Pengelolaan Webinar Bagi Tendik. Workshop kali ini berlangsung Senin, 19 Oktober 2020 dan diisi oleh Tri Muryani selaku teknisi webinar. Sebelum workshop dimulai, Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos., M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga memberikan beberapa poin dalam sambutannya.

Menurutnya, workshop kali ini sangat kontekstual mengingat kegiatan akademik dan non-akademik saat ini dilakukan secara online. “Aktivitas kita lebih banyak ke online atau daring. Seperti kegiatan bapak ibu sekalian yang awalnya hardfile jd softfile. Pandemi menuntut kita melakukan banyak perubahan. Beberapa bulan terakhir kita sering mendengar kata webinar dan Zoom,” jelasnya.

Apresiasi dan semangat juga diberikan oleh Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. selaku Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. “IT ini sekarang tidak bisa tidak. Tapi sifatnya harus” tuturnya. Dalam hal ini, Dekan FISHUM juga membuka acara.

Dalam workshop kali ini, Tri Muryani menjelaskan bagaimana menggunakan platform konferensi video dalam hal ini Zoom. Apa itu webinar? Apa perbedaannya dengan online meeting? Bagaimana cara menjalankannya dan apa saja yang mesti dipersiapkan? Apa yang perlu dilakukan untuk mempromosikan nya?

Tujuan dari kegiatan ini antara lain ialah memperdalam wawasan bagi Tendik dalam pengelolaan Webinar. Mempelajari dan mengenal macam-macam platform aplikasi video konferens. Mengenal dan mempelajari streaming. Dan terakhir ialah mengenal dan mempelajari alat-alat streaming. Terlihat hadir dalam acara ini, Endah Susilandari, S.H., M.Si. Kepala Bagian Tata Usaha FISHUM, Dra. Tri Agustin Nugraheni Kabag I FISHUM, Kabag II FISHUM Enny Iroh Hayati, S.E. M.Si. serta semua Tendik yang dalam hal ini menjadi peserta. (tri)

Berita Terpopuler