Sosialisasi Akademik Bagi Orang Tua/Wali Tahun 2020

“Kami selalu ingin selain dari bapak/ibu dosen, motivasi, inspirasi dan doa juga datang dari bapak/ibu sekalian,” begitulah sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. di acara Sosialisasi Akademi Bagi Orang Tua/Wali Tahun 2020, Rabu, 21 Oktober 2020. Acara ini berlangsung secara online melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube FISHUM UINSK. Sementara, pimpinan FISHUM dengan beberapa narasumber serta moderator hadir langsung di control room Interactive Center (IC) FISHUM UIN Sunan Kalijaga.

Acara pembukaan dipandu oleh MC yakni Trinidya Firdayani S.E Staf KeuanganFISHUM. Pembacaan doa oleh Khaerunnisa (Tim Kreatif FISHUM) dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UIN. Ucapan terima kasih juga datang dari Endah Susilandari, S.H., M.Si. selaku Kepala Bagian Tata Usaha. Ucapan terimakasih kepada orang tua/wali telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menitipkan anak-anaknya. Untuk bergabung dan belajar bersama di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora ini. Beliau berharap, semoga bisa menghasilkan calon intelektual-intelektual muda.

“Kegiatan rutin dilakukan setiap ada mahasiswa baru, hal ini dimaksudkan sebagai sarana komunikasi antara pimpinan dosen dan orang tua wali. Komunikasi ini diharapkan mempermudah proses perkuliahan mahasiswa,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. yang dalam hal ini sekaligus membuka acara. “Kami pimpinan sangat mengawal. Menjadi mahasiswa bebannya pasti lebih berat. Karena pohon semakin tinggi akan semakin kencang ditiup oleh angin. Namun jangan khawatir apabila akarnya semakin kuat maka itu tidak menjadi masalah,” imbuhnya. Sebelum acara dimulai, dibacakan doa yang dipandu oleh Dr.Badrun Alaena, M.Si. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Moderator 1 (Sesi Sharing Pimpinan) dipandu oleh Dr.Diah AjengPurwani, S.Sos, M.Si. dan diisi oleh jajaran dekanat yakni Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. menjelaskan mengenai profil FISHUM yakni Core Values UIN (Integratif-interkonektif. Dedikatif-Inovatif dan Inklusif-Continous Improvement), Prodi serta visi-misi Fakultas. Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menjelaskan mengenai budaya akademik mahasiswa. Sistem Pendidikan di UIN Sunan Kalijaga dan lain-lain.

Sementara itu, Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, menjelaskan tentang Pemaparan fasilitas di Fakultas. Prodi Psikologi, Lab Perkembangan, Lab Individual. Prodi Sosiologi, Lab Sosiologi. Prodi Ilmu Komunikasi, Lab. Public Relations, Lab. Prodiksi Media, dan Ruang Gallery. Serta Pelayanan Administrasi Mahasiswa. (Administrasi Akademik, Keuangan dan Umum). Akademik: Registrasi, Herregistrasi, Kartu Tanda Mahasiswa, Pengisian Kartu Rancangan Studi, Fungsi dan Tugas DPA, Drop Out dan Wisuda.

Dr.Badrun Alaena, M.Si. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menjelaskan mengenai beberapa jalur masuk dan tahapan penerimaan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ujian Mandiri yang terdiri dari 3 jalur yakni CBT, PBT dan Tanpa Tes. Jumlah Mahasiswa: Psikologi 785, Sosiologi 382, Ilmu Komunikasi 748. Jumlah total 1.915 mahasiswa. Serta wadah-wadah organisasi intra maupun extra yang bisa diikuti mahasiswa.

Sesi kedua yang diisi oleh Kaprodi Psikologi, Sosiologi, dan Ilmu Komunikasi dipandu oleh Agus Saputro, M.Si sebagai Sekretaris Prodi Sosiologi selaku moderator. Sesi kedua kali ini diisi pemaparan lebih mendalam tentang Prodi yakni Dr. Muryanti., S.Sos., M.A sebagai Ketua Prodi Sosiologi. Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., M.Sn sebagai Ketua Prodi Ilmu Komunikasi dan Lisnawati, M.Psi., Psikolog sebagai KetuaProdi Psikologi. Acara ini bisa dilihat tayangan ulangnya di YouTube FISHUM UINSK. (Tri)

Berita Terpopuler