FISHUM Tunjang Kemampuan Mahasiswa Melalui Workshop Academic Writing

Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM), UIN Sunan Kalijaga menggelar Workshop Academic Writing bertajuk “Mencapai Performa Optimal Dalam Peran Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Kegiatan tersebut digelar pada Senin (30/11) pagi secara daring melalui aplikasi Zoom meeting dengan menghadirkan Bambang Sumintono, Ph.D. (University of Malaya) sebagai narasumber. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini secara spesifik guna meningkatkan kemampuan mahasiswa beserta dosen dalam melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah.

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 140 peserta ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Very Julianto, M.Psi, Psikolog selaku Ketua Panitia, Dr. Mochamad Sodik., S.Sos., M.Si selaku Dekan FISHUM dan Dr.Phil Sahiron, M.A selaku Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga. Sambutan dari Wakil Rektor II ini sekaligus membuka kegiatan workshop yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber.

Dalam pemaparannya, Bambang Sumintono, Ph.D mengungkapkan bahwa jika berbicara terkait aktivitas riset academic writing, hasil (karya tulis) yang dikeluarkan harus melalui proses verifikasi. Artinya, karya tulis tak bisa langsung dipublikasikan tanpa melalui proses penilaian oleh panel ilmiah terlebih dahulu. Itulah mengapa dalam memutuskan untuk melakukan suatu riset, beliau berpesan untuk mencari topik riset yang menarik minat penulis agar nantinya proses riset berjalan optimal.

Bambang Sumintono, Ph.D juga menegaskan pentingnya membaca sejak dini. Hal ini beliau tegaskan dengan harapan agar peserta workshop Academic Writing kali ini mampu memahami bahwasanya dalam penulisan suatu karya ilmiah yang berkualitas mesti memiliki unsur-unsur kebaruan yang tentunya dapat ditemukan setelah membaca.

"Dari sini kita tahu bahwa menjadi produsen pengetahuan modalnya adalah banyak membaca, sampai akhirnya menemukan suatu topik riset yang sifatnya unik dan baru." ungkapnya.

Lebih dari itu, narasumber juga menerangkan terkait etika-etika dalam penulisan suatu karya termasuk di dalamnya bagaimana cara menyiasati fenomena plagiarism yang marak terjadi dalam proses penulisan karya ilmiah. Untuk lebih jelasnya, bisa kunjungi laman YouTube resmi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM UIN SUKA). (Natasyha/Tim Kreatif)

Berita Terpopuler