Dies Ke-13 FISHUM : Go Green, Donor Darah dan Workshop

“Adanya kegiatan DIES FISHUM ini diharapkan bisa memberikan "makna" dan spirit progresivitas dalam perjalanan FISHUM,” tulis Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga. Harapan ini ditulis oleh WD III di salah satu Group panitia Dies FISHUM (07/09/2018) pagi hari sebelum semua rangkaian kegiatan dimulai. Tentu ini menjadi harapan bersama civitas akademika FISHUM, yakni menjadikan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora menjadi salah satu Fakultas di UIN Sunan Kalijaga yang progresif.

Maka, diserangkaian agenda Dies yang ke-13, Fakultas yang memiliki tag line “Muda Terkemuka” mengadakan beberapa kegiatan, baik untuk mahasiswa maupun untuk umum. Hari ini (07/09/2018), agenda Dies FISHUM ke-13 dibuka dengan FISHUM Go Green. Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., Dekan FISHUM mengajak seluruh elemen yang ada di FISHUM untuk peduli dengan lingkungan. Menurutnya, menjaga lingkungan merupakan bagian dari nilai keislaman yakni “Hablun Minal Alam”.

“Akan Ada serangkaian acara Dies FISHUM. Antara lain yakni Go Green, ada donor darah, dan di tanggal 12 September ini ada wayang cilik. Ini bagian dari kebanggaan bersama. FISHUM Muda FISHUM Terkemuka. Pagi hari ini yakni FISHUM Go Green merupakan program tahunan. Ini komitmen dan amanah yang sifatnya universial,” tuturnya.

Beberapa nilai universal yang dijelaskan oleh Dekan FISHUM saat pembukaan acara FISHUM Go Green antara lain ialah Hablun Minallah yakni hubungan manusia dengan Allah, Hablun Minannas dan yang terakhir Hablun Minal Alam. “Kajian tentang menjaga lingkungan mulai berkembang. FISHUM harus ikut dalam bagian nilai-nilai universal ini. Tidak hanya persoalan duniawi tetapi juga terkait dengan nilai spiritual. Tanaman yang suadah ada juga harus dirawat bersama-sama,” imbuhnya lagi.

Selain FISHUM Go Green, agenda bersamaan yang dilaksanakan pada pagi hari (07/09/2018) ialah Donor Darah yang diikuti oleh mahasiswa dan umum, bertempat di Interactive Center. Donor Darah kali ini bekerja sama dengan PMI UIN Sunan Kalijaga. Selain itu, juga ada Workshop Pembuatan Bros dan Dompet bagi ibu-ibu PKK yang diisi langsung oleh Ibu Sulasmini dan berlangsung di Ruang Sidang FISHUM lantai II. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler