FISHUM Adakan Pembekalan Bagi 89 Calon Wisudawan/Wisudawati

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Pembekalan calon wisudawan/wisudawati Periode II pada Rabu (17/2) pagi. Acara ini disiarkan langsung dari Studio Live Streaming FISHUM melalui aplikasi Zoom Meeting dan YouTube. Total peserta Pembekalan Wisuda Periode II ini adalah 89 wisudawan/wisudawati dengan rincian 24 mahasiswa Psikologi, 19 mahasiswa Sosiologi dan 46 mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FISHUM, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. dalam laporannya menyebutkan ada 26 mahasiswa dengan predikat Cumlaude, diantaranya 5 mahasiswa Psikologi, 8 mahasiswa Sosiologi dan 14 mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Sementara untuk Predikat Lulus Terbaik Tercepat diberikan kepada Salma Aulia Asyfa (Prodi Sosiologi) dengan IPK 3,74 dan lama waktu studi 3 tahun 9 bulan 15 hari. Untuk predikat skripsi terbaik diberikan pada satu mahasiswa dari masing-masing program studi dengan rincian, prodi Psikologi atas nama Agivian Hanif Firdaus (IPK 3,48), prodi Sosiologi atas nama Luviana Savitri (IPK 3,60) dan prodi Ilmu Komunikasi atas nama Marlina Catur Pratiwi (IPK 3,73).

Laporan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, diantaranya sambutan calon wisudawan/wisudawati yang diwakili oleh Yogie Alwaton (Prodi Ilmu Komunikasi), sambutan wali calon wisudawan/wisudawati oleh Drs. Danang Wahyudi M.Si. dan sambutan Dekan FISHUM oleh Dr. Mochammad Sodik, S.Sos, M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Mochammad Sodik, S.Sos, M.Si. menyampaikan pesan untuk para wisudawan/wisudawati terkait pentingnya core values UIN dalam kehidupan dan keberagaman. Beliau juga menyampaikan harapannya kepada para alumni agar mampu mengabarkan kebaikan, hikmah, mauidzah hasanah dan mujadalah. "Khidmah disini bukan hanya ilmu, melainkan seni hidup," imbuhnya.

Sambutan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Yayan Suryana, M.Ag. dan dilanjutkan dengan acara inti yakni Pembekalan Wisuda Periode II Tahun Akademik 2020/2021 terkait “Bagaimana Kelulusan Merespon Tantangan di Luar Kampus” oleh Agung Fatwa Aftrisukma (Star Training & Consultant). Sesi pembekalan kali ini dipandu oleh Yanti Dwi Astuti, S. Sos. I., M. A. (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, FISHUM) sebagai moderator.

Dalam pemaparannya, Agung Fatwa menekankan terkait great mindset. Great mindset terdiri atas Goals, Realistis, Empati, Antusias dan Totalitas. Great mindset sendiri dapat dimulai dengan membiasakan tersenyum dan berpikiran positif. Ia mengatakan bahwa orang bahagia itu adalah orang yang produktif, selalu mempunyai tenaga, dan membuat orang disekitar bahagia. Sementara ciri orang bahagia diantaranya mentalitas, kapasitas, prioritas, stabilitas dan fasilitas. Dari pembahasan ini, dapat disimpulkan bahwa untuk memperbesar mindset, individu perlu membuang jauh-jauh pikiran negatif dan perkuat 4 elemen yaitu badan, pikiran, hati, dan jiwa.(Natasyha/Tri)

Berita Terpopuler