Pembekalan Wisuda Periode III Tahun Akademik 2020/2021

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta usai mengadakan pembekalan bagi calon wisudawan/wisudawati periode III tahun akademik 2020/2021, tepatnya pada Jumat (11/6) pagi. Kegiatan ini disiarkan secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan narasumber yakni Zulfiyah Pramudyandari, S.Ikom. (Analis Kerja Sama Internasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta) dan BJ Sujibto, S.Sos., M.A. (Dosen Prodi Sosiologi FISHUM).

Total peserta pembekalan kali ini sejumlah 72 orang dengan rincian 35 mahasiswa psikologi, 16 mahasiswa sosiologi, dan 21 mahasiswa ilmu komunikasi. Sejumlah 41 mahasiswa diantaranya berhasil meraih predikat pujian dengan rincian 14 mahasiswa psikologi, 13 mahasiswa sosiologi, dan 14 mahasiswa ilmu komunikasi.

Disebutkan bahwa predikat terbaik tercepat diberikan kepada Ines Dyah Astuti (Prodi Sosiologi) dengan IPK 3,77 dan lama studi 3 tahun, 5 bulan, 11 hari. Sementara predikat penyusunan skripsi terbaik tingkat program studi diberikan kepada Latifaturohmah (Prodi Psikologi), Lisa Aditya Putra (Prodi Sosiologi), dan Alifia Nurul Fadhilah (Prodi Ilmu Komunikasi).

Laporan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ines Dyah selaku perwakilan wisudawan/wisudawati, Ibu Jamilah selaku perwakilan orang tua/wali, dan Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Dalam sambutannya, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. menyampaikan apresiasi atas pencapaian para calon wisudawan/wisudawati. Beliau berharap calon wisudawan/wisudawati tetap menjadi bagian dari FISHUM bahkan setelah lulus. Selain itu, beliau kembali mengingatkan terkait 6 (enam) core values UIN Sunan Kalijaga yakni integratif-interkonektif, dedikatif-inovatif, dan inklusif-Continuous Improvement.

Sambutan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Yayan Suryana, M.Ag. dan dilanjutkan dengan acara inti yaitu pembekalan wisuda. Pembekalan pertama disampaikan langsung oleh BJ Sujibto, S.Sos., M.A. (Dosen Prodi Sosiologi FISHUM). Beliau menyampaikan seputar studi lanjut, khususnya terkait jaringan dan beasiswa dalam maupun luar negeri. Penting kiranya untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas diri sebelum melanjutkan studi. Beliau mengakui bahwa dirinya pun berkesempatan melanjutkan studi atas keterampilan dan karya yang dimilikinya. “Saya bisa kesana kesini karena karya saya,” ungkapanya. Beliau juga berpesan untuk terus memperluas jaringan dan informasi sebab peluang beasiswa saat ini cukup beragam dan tentu saja menjadi kesempatan yang baik untuk para calon wisudawan/wisudawati.

Sementara itu, pembekalan kedua disampaikan oleh Zulfiyah Pramudyandari, S.Ikom. Ia merupakan salah satu alumni FISHUM yang berhasil membangun karir dan berkesempatan untuk berbagi pengalaman kepada para calon wisudawan/wisudawati periode ini. Ia menyampaikan pengalamannya sejak setelah wisuda hingga berhasil berkarir di Kemendikbud Ristek. Usai pembekalan, kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi antara peserta dan narasumber. (Natasya/Tim Kreatif)