Laboratorium Sebagai Ruang Pengembangan Keilmuan

“Kita ingin mahasiswa juga punya karya. Bagimana kita memberi kesempatan kepada adik-adik untuk turun kelapangan,” tutur Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D, selaku Kaprodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Harapan ini disampaikan di acara Workshop : Pengembangan Laboratorium Sosiologi Menuju AUN QA oleh Prodi Sosiologi (21/09/2018). Bekerjasama dengan Laboratorium Sosiologi, acara ini memang bertujuan untuk meningkatkan dan produktifitas dalam menulis karya Ilmiah bagi pengurus Laboratorium Sosiologi. Workshop kali ini berlangsung selama 2 hari yakni dilaksanakan pada Hari Jum’at-Sabtu, 21-22 September 2018.

Sebagai hasil dari acara ini, Laboratorium Sosiologi akan menerbitkan karya Ilmiah berupa Penelitian yang nanti akan menjadi buku bunga rampai. “Harapannya ini bisa menjadi pengalaman. Saya juga sedang mengontak Sosiologi UTM untuk kemudian kedepannya kita bisa kolaborasi,” Imbuhnya lagi.

Mengapresiasi hal ini, Dr. Mochamad Sodik S.Sos,. M.Si juga menyempatkan hadir dalam acara ini. Acara ini berlangsung di LPP Garden Hotel Yogyakarta dengan mengajak pengurus Laboratorium, Ketua dan Wakil HM-PS Sosiologi serta ketua Expo Sosiologi sebagai peserta.

“Kajian yang sifatnya sensitif diruang publik itu sebenarnya yang punya otoritas untuk menulis itu ya Laboratorium. Maka forum ini sebenarnya bagus sekali. Untuk mengembangkan kajian kelimuan. Melalui riset, kita bisa menjawab persoalan-persoalan di masyarakat secara ilmiah. UIN memiliki dua Ilmu. Pertama Ilmu Sosialnya dan kedua Ilmu Agamanya yang bisa kita kembangkan,” tutur Dekan FISHUM.

Dr. Muryanti, sebagai Ketua Laboratorium Sosiologi menjelaskan sejauh ini Lab memiliki berbagai karya. Baik jurnal maupun bunga rampai atau bahkan skripsi mahasiswa yang dijadikan buku. “Untuk Jurnal ini target dan sasaran penulisnya itu diluar UIN. Entah dosen, aktivis atau mahasiswa. Tetapi ada skripsi dan resensi yang bagus nanti akan kita muat. Selain jurnal, kita juga memiliki produk bunga rampai,” jelas Dr. Muryanti saat memperkenalkan produk Lab Sosiologi.

Dalam acara ini, mahasiswa dilatih untuk menulis karya ilmiah dan output-nya ialah bunga rampai. Kegitan ini didesain dengan interaktif dan pelatihan khusus. Dengan metode pelatihan, penyampaian materi, mentoring dan praktik langsung. Narasumber dalam acara ini ialah Dr.Napsiah Sekprodi Sosiologi dan Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A dimoderatori oleh Agus Saputro,M.Si dan Ui Ardaninggar, M.A. Terlihat hadir dalam Workshop kali ini Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan semua Dosen Sosiologi. (tri)

Berita Terpopuler