Psychology Campaign “Mental Health Begins with Me”

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS) Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Psychology Campaign dan aksi damai dalam rangka memperingati hari kesehatan mental dunia (10/10/2018). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perayaan hari kesehatan mental. Lebih daripada itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan mengajak civitas akademika kampus khususnya di wilayah UIN Sunan Kalijaga. Juga untuk menyadari akan pentingnya kesehatan mental.

Selaras dengan tema yang diusung oleh WHO, yakni Young People and Mental Health in Changing World yang relevan dengan keadaan hari ini dimana pemuda dan kesehatan mental adalah dua elemen penting yang saling berkorelasi dan berpengaruh besar terhadap perubahan dunia yang lebih baik.

Diikuti oleh beberapa perwakilan mahasiswa psikologi dari berbagai angkatan, acara ini diawali dengan sambutan dari ketua HMPS Psikologi. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dari Kaprodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian acara ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang I yaitu Dr. Erika Setyani Kusumaputri M.Si., dengan menadatangani pamflet acara Psychology Campaign.

Acara selanjutnya yaitu dengan pembagian kelompok sebelum terjun di setiap Fakultas yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mensosialisasikan pentingnya kesehatan mental kepada para mahasiswa dan civitas akademika kampus lainnya. Teknis acara ini yaitu dengan membagikan press release dan sticker kepada mahasiswa di setiap Fakultas yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi dan orasi terkait pentingnya kesehatan mental individu dan masyarakat di Indonesia.

“Kegiatan ini, mengundang antusiasme dari beberapa mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Terbukti dari aksi kreatif mereka yang mensosialisasikan pentingnya kesehatan mental melalui interaksi secara langsung antara mahasiswa psikologi dengan partisipan. Selain itu, kegiatan ini juga dikemas secara simple dan tidak menimbulkan keributan seperti aksi-aksi lain yang pernah ada di UIN. Dengan demikian, mahasiswa merasa memiliki pengetahuan baru tentang pentingnya kesehatan mental di Indonesia,” tutur ketua HMPS Psikologi.

Puncak acara pada kegiatan ini yaitu ditutup dengan penandatangan petisi tentang pentingnya kesehatan mental di dunia dan dilanjutkan dengan flash Mob di depan gedung Prof. Amin Abdullah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. *(HMPS Psikologi/tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler