56 Calon Wisudawan/wati Mengikuti Pembekalan Wisuda Periode IV TA. 2020/2021

Menjelang pelaksanaan Wisuda periode IV Tahun Akademik 2020/2021, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) mengadakan pembekalan untuk para calon wisudawan/wisudawati. Pembekalan ini disiarkan langsung dari Interactive Studio FISHUM melalui platform Zoom Meeting dan Live YouTube pada Senin (23/8) pagi. Ada pun pembekalan ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Kepada Bagian Tata Usaha, Dosen, Narasumber, Orang tua/wali, dan puluhan calon wisudawan/wisudawati Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Total peserta pada pembekalan wisuda periode IV ini adalah 56 wisudawan/wisudawati dengan rincian 22 mahasiswa Psikologi, 14 mahasiswa Sosiologi, dan 20 mahasiswa Ilmu Komunikasi. Dalam laporannya, Endah Susilandari, SH, M.Si. selaku Kepala Bagian Tata Usaha menyebutkan ada 34 mahasiswa yang mendapatkan predikat lulus dengan pujian.

Sementara calon wisudawan/wisudawati dengan predikat lulus terbaik tercepat diberikan kepada Popi Nuraini, mahasiswi Sosiologi yang berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun 7 bulan 12 hari dengan IPK 3,76. Selain itu, ada pula predikat skripsi terbaik yang diberikan kepada tiga calon wisudawan/wisudawati dari masing-masing program studi. Ketiganya adalah Susan Salsabila Fadiyah (Psikologi), Jam’ul Jawami (Sosiologi), dan Aulia Nur Indrayani (Ilmu Komunikasi).

Laporan dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan calon wisudawan/wisudawati yang diwakili oleh Popi Nuraini, perwakilan orang tua/wali yang diwakili oleh Lis Safitri, S. Th.I, M. Pd., dan diakhiri oleh sambutan Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Sebagai perwakilan orang tua/wali, Lis Safitri merasa bangga akan pencapaian yang diperoleh oleh semua calon wisudawan/wati. Beliau berterima kasih kepada seluruh dosen dan pimpinan yang telah membantu calon wisudawan/wati selama proses studi. Beliau juga berharap, ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dalam sambutannya, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., mengapresiasi pencapaian para calon wisudawan/wisudawati. Beliau meyakini bahwa para calon wisudawan/wisudawati FISHUM mampu melesat sesuai bidangnya masing-masing. Selain itu, beliau juga menyampaikan pentingnya core values dan pengembangan diri setelah keluar dari perguruan tinggi. Sambutan ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Dr. Yayan Suryana, M.Ag.,dan dilanjutkan dengan acara inti yang dinarasumberi oleh Moh. Khatibul Umam, S. Sos, MA dan Denisa Apriliawati, M. Res.

Dalam pemaparannya, Moh. Khatibul Umam, S.Sos, MA. Menyampaikan pentingnya persiapan yang matang untuk menghadapi tahapan setelah lulus dari perguruan tinggi. Ia turut membagikan pengalamannya dan mengakui adanya sedikit penyesalan karena tidak menyadari hal tersebut sejak awal perkuliahan. Meski begitu, ia juga mengaku bahwa di akhir masa studinya ada banyak hal yang memberikan pengaruh besar terkait perencanaannya setelah lulus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. “Membangun pandangan dan imajinasi masa depan itu sangat penting,”tegasnya.

Sementara itu, Denisa Apriliawati, M. Res., juga membagikan pengalamannya selama melanjutkan studi ke luar negeri. Ia menjelaskan bahwa lanjut S2 ke luar negeri merupakan pilihan yang mestinya dipertimbangkan oleh para calon wisudawan/wisudawati mengingat peluang saat ini semakin besar dan beragam. Ia juga menyebutkan beberapa program beasiswa dan negara yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan studi, seperti USA, UK, Australia, Eropa, Korea, Tiongkok, Rusia, Turki, dan lainnya. (natasya/tim kreatif)