Siap Lakukan Pembelajaran, FISHUM Gelar Sosialisasi Pembelajaran Tahun Akademik 2021/2022

Dalam rangka memperkenalkan metode pembelajaran yang digunakan selama bertatap maya baik melalui sistem e-learning, website, hingga pemanfaatan media sosial sebagai bahan ajar, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga kembali menyelenggarakan Sosialisasi Pembelajaran secara daring melalui platform Zoom Meeting, pada Selasa (24/8) pagi. Sosialisasi Pembelajaran Tahun Akademik 2021/2022 yang akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan, diikuti oleh kurang lebih 396 mahasiswa baru.

Dalam sambutan dan membuka acara, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora atau FISHUM merupakan salah satu fakultas umum, fakultas muda, dan selalu memiliki semangat tinggi untuk terus berinovasi dan berkreatifitas. Banyak kegiatan yang nanti bisa diikuti oleh mahasiswa untuk menunjang kemampuan akademik maupun non-akademik. Ada organisasi intra kampus, UKM di tingkat universitas, serta kegiatan-kegiatan di tingkat prodi dan kegiatan di laboratorium.

“Meskipun pembelajaraan saat ini masih dilakukan secara online, tidak menurunkan semangat kita semua untuk terus belajar. Kalian juga tetap bisa mengakses semua informasi seputar kampus khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora melalui wadah-wadah yang fakultas sediakan. Melalui website dan media sosial,” tuturnya.

Beliau menjelaskan bahwa melalui kegiatan Sosialisasi Pembelajaran ini, kami berharap, mahasiswa baru mengenal lebih dalam sistem pembelajaran, mengenal lebih dekat dosen-dosen dan tendik di fakultas ilmu sosial dan humaniora. Beliau berpesan kepada mahasiswa baru untuk memanfaatkan kegiatan sospem dengan semaksimal mungkin, karena dunia kampus merupakan dunia baru. "Menjadi mahasiswa tidak sekedar belajar 5W+1H, tetapi what next dan how next. Sehingga, dalam kegiatan sospem ini kita akan belajar bersama, saling asih, asah, dan asuh," pesannya. Beliau juga berharap, pelaksanaan sospem dapat berjalan secara 3S, santai, serius, dan selesai.

Hal senada juga disampaikan oleh Ui Ardaninggar Luhtitianti, M.A., selaku koordinator SosPem 2021, menyambut hangat kedatangan mahasiswa baru FISHUM 2021. Beliau berharap selama 3 hari kedepan, mahasiswa dapat menikmati sajian sospem yang telah dikemas secara menarik dan asyik oleh para fasilitator.

Usai sambutan dari koordinator sospem 2021 serta Dekan FISHUM, acara dilanjut dengan pembacaan doa oleh Dr. Yayan Suryana, M.Ag. Rangkaian acara pembukaan Sosialisasi Pembelajaran diakhiri dengan penayangan video sambutan dari pimpinan, dosen, dan fasilitator kepada para Fishum Muda 2021. Para dosen berharap, sebagai Fishum Muda, kelak nantinya dapat menempuh pendidikan dengan baik, menjadi insan akademik yang sholeh dan sholehah, tercapai harapan dan cita-citanya, serta terus berkarya untuk membuwana yang bermakna dan membumi yang migunani. (nabila/tim kreatif)