Sukseskan Program MBKM, FISHUM Jalin Kerjasama dengan Beberapa Perguruan Tinggi

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengundang Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia, untuk menghadiriForum Group Discussion (FGD)tindak lanjut Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), bertempat di Gedung Prof. R.H.A. Soenarjo, S.H., kampus UIN Suka, 9, 10/2021. Melalui FGD kali ini, UIN Suka bermaksud menyusun Program Mitra MBKM, yang telah diamanatkan dalam UU Nomor 12 Tahun 2012, dan dilandasi Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga,Dr. Muhammad Fakhri Husein, SE., M. Si., menyampaikan, Program Mitra MBKM yang dirancang UIN Sunan Kalijaga merupakan upaya untuk menfasilitasi kerja-sama dalam kegiatan pembelajaran di luar kampus. UIN Sunan Kalijaga di bawahorganizing CommitteLembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Suka, akan menfasilitasiFGD, berbagai perudingan, hingga penandatangan perjanjian antar Perguruan Tinggi Mitra. Perguruan Tinggi Mitra mengisi format Prodi Unggul yang ditawarkan. Para mitra berdiskusi intensif tentang Prodi yang ditawarkan. Jika Prodi yang diminati disetujui lanjut penandatanganan surat perjanjian kerja-sama, dan realisasi kerja-sama.

Ketua pelaksana program mitra MBKM yaituDr. Epha Diana Supandi, S.Si., M.Scdalam laporannya menyampaikan bahwa ada 30 perguruan tinggi mitra dengan peserta sebanyak 229 orang. Selanjutnya, tiga urutan perguruan tinggi yang mendaftar paling banyak adalah UIN Mataram = 27 orang, UIN Padang = 18 orang dan IAIN Ambon = 17 orang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 9 – 10 November 2021 dihadiri oleh 30 mitra Perguruan Tinggi UIN Suka hadir di forum ini, yakni: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Sultan Maulana Hasanuddin banten, UIN K.H. Achmad Siddiq Jember, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, UIN Mataram, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Alauddin Makasar, Institute Agama Kristen Negeri Palangka Raya, IAIN Parepare, IAIN Tulungagung, IAIN Samarinda, IAIN Pontianak, IAIN Ponorogo, IAIN Palopo, IAIN Palangka Raya, IAIN Metro Lampung, IAIN Lhokseumawe, IAIN Kediri, IAIN Curup, IAIN Kudus, IAIN Kendari, IAIN Ambon, STHD Klaten Jawa tengah, STAIYO, STAI Al Husain Magelang, Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Mataram.

Dalam hal ini, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga berkesempatan untuk bermitra dengan beberapa Perguruan Tinggi lain seperti IAIN Kediri, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, IAIN Pontianak, UIN Jambi dan IAKN (Institute Agama Kristen Negeri Palangkaraya. Hasil FGD dari masing-masing prodi baik Psikologi, Sosilogi maupun Ilmu Komunikasi antara lain ialah bersepakat mengadakan program student exchange dengan mata kuliah kekhasan masing-masing. Selain itu juga adanya kerjasama dalam bidang Penelitian / Riset, KKN Tematik dan Proyek kemanusiaan yang semuanya akan disesuaikan dengan mata kuliah yang ditawarkan.

“MBKM memberikan hak kepada mahasiswa untuk memilih 60 sks belajar di luar Prodi. Di sini menjadi tantangan dan peluang bagi mahasiswa dan Pengelola Prodi dan Pimpinan Perguruan Tinggi untuk merespon MBKM dengan tepat dan cerdas. Kemerdekaan yang bertanggung jawab menjadi kunci untuk keberhasilan bersama. Kerjasama antar Prodi dan antar mitra yang luas menjadi pilihan utama untuk maju bersama. FISHUM menggeser kompetisi menjadi praksis koperasi dan kolaborasi untuk mengembangkan MBKM,” tutur Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga saat diwawancari (11/10).

Sementara itu, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Wakil Dekan Bidang Akademik, berharap program ini mampu menjembatani kesenjangan mutu pembelajaran. "Adanya program Mitra MBKM yang diinisiasikan oleh Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga dibawah Komando Ketua LPM, BapakDr. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si. merupakan momentum yang strategis untuk segera menyongsong implementasi Kurikulum MBKM. Semoga melalui Mitra MBKM ini bisa menjadi wadah untuk senantiasa meningkatkan jalinan Kerjasama baik untuk implementasi MBKM ataupun untuk lingkupTri Dharma PT secara lebih luas. (Riset Kolaborasi, PKM Kolaborasi, Visiting Lecturing dan sebagainya" jelasnya.

Harapan juga disampaikan oleh Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si. Wakil Dekan ADUM, Perencanaan dan Keuangan FISHUM UIN Sunan Kalijaga. “Dengan adanya Program MBKM Pertukaran Pelajar, diharapkan mampu menjalin kerjasama antar Perguruan Tinggi dan nantinya program ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa belajar di perguruan tinggi lain,” harapnya.Sementara itu, Dr. Badrun, M.Si. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama juga menyatakan harapannya,"Harapan saya ke depan, setelah terselenggaranya FGD MBKM di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dapat menjembatani kesenjangan mutu pembelajaran di antara perguruan tinggi,". jelasnya.

Peserta FGD dalam program MBKM yang hadir di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora antara lain ialah Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si. Wakil Dekan ADUM, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Badrun, M.Si. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Serta Endah Susilandari, S.H., M.Si. selaku Kepala Bagian Tata Usaha FISHUM UIN Sunan Kalijaga dan Enny Iroh Hayati, S.E. M.SI. selaku Kasubag FISHUM UIN Sunan Kalijaga.

Kaprodi Sosiologi Dr. Muryanti, S.Sos., M.A. Kaprodi Ilmu Komunikasi Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., MSn. Dan Kaprodi Psikologi Lisnawati, S.Psi., M.Psi. Selain itu juga terlihat hadir Sekprodi Sosiologi Agus Saputro, M.Si. Sekprodi Ilmu Komunikasi Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos, M.Si. dan Sekprodi Psikologi Mayreyna Nurwardani, S.Psi., M.Psi.

Peserta mitra yang hadir antara lain ialah Dr. Dian Mursyidah dari UINSulthan Thaha SaifuddinJambi, Chris Apandie, M.Pd. dan Jeffry Simson Supardi, M.Psi. dari IAKN (Institute Agama Kristen Negeri Palangkaraya, Dr. Hariansyah, M.Si. dari IAIN Pontianak, Azid Syukroni, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo, serta Mohammad E. Burhany dari IAIN Kediri.