Antisipasi Konflik dalam Membangun Pemilu yang Damai dan Berintegritas

Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Talk Show Pemilu Cerita (27/02/2019). Bertempat di Interactive Center (IC) FISHUM ini hasil kerja sama antara PW. Lakpesdam NU DIY dengan Senat Mahasiswa FISHUM.

Talk Show yang dimoderatori oleh Inggrid Putri Diandini dihadiri oleh beberapa narasumber. Narasumber yang hadir dalam Talk Show kali ini antara lain ialah Dr. Badrun Alaena , Msi (Direktur pusat studi pancasila dan bela negara UIN SUKA), Bagus Sarwono , S.Pd,. M.PA (Ketua Bawaslu DI. Yogyakarta), Ahmad Anfaasul Marom, M.A (PW. Lakspesdam NU D.I Yogyakarta) dan Kombes Pol Nanang Juni mawanto SIK.

Muhammad Wafi, Ketua SEMA FISHUM menjelaskan bahwa Talk Show kali ini menjadi penting khususnya bagi masasiswa. Banyak masalah pemilu yang perlu didiskusikan dan segera diselesaikan. “Diskusi ini untuk mengantisipasi konflik yang ada di pemilu pada saat sekarang ini. Sehingga pemilu dapat berjalan dengan demokartis, jujur adil dan aman. Saya berharap dalam diskusi kali ini mahasiswa dapat ikut andil sehingga dapat berpartisipasi dalam mereduksi konflik pada saat sekarang ini,” jelasnya saat sambutan.

Sementara itu, Muhammad Ainul Yaqin, S.Pd. M.Ed., Ketua P.W. Lakpesdam NU D.I. Yogyakarta bahwa Talk Show ini bagian dari pendidikan politik bagi mahasiswa.Acara ini merupakan bagian dari pendidikan politik, pada saat sekarang ini sering terjadi segregasi anatar dua kelompok sehingga muncul fitnah, hoax, bulliyan sehingga perlu kita minimalisir. Manfaat diskusi kali ini adalah bagaimana kita menanggapai hoax, fitnah yang terjadi antara kedua kelompok,” katanya saat sambutan.

Senada dengan Muhammad Ainul Yaqin, Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si juga menyambut baik adanya Talk Show kali ini. Beliau berharap, FISHUM bisa menjadi rumah diskusi berbagai jenis isu. Apalagi, isu di masyarakat sangat beragam. Tidak hanya diskusi, Dekan FISHUM juga berharap, adanya diskusi yang dilakukan mampu melahirkan solusi dari masalah yang ada.

Menurut Kombes Pol Nanang Juni mawanto SIK Mewakili Polda D.I.Y, Pemilu 2019 merupakan Pemilu yang cukup ruwet. Karena kita akan mendapatkan 5 kertas sekaligus. Meskipun begitu, kita tetap harus menciptakan Pemilu yang yang berdaulat sesuai dengan moto dari KPU. Maka, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni beberapa potensi kecurangan maupun potensi konflik di tengah-tengah masyarakat. Misalnya dengan mengantisipasi penyebaran informasi hoaks.

Terlihat hadir dalam acara ini Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, M.Si., Wakil Dekan II Bidang Administrasi Dr. Sabarudin, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Sulistyaningsih S.Sos,M.Si., serta Kepala Bagian Tata Usaha Dra.Susilowati M.A., Kasubag I Eni Iroh Hayati, SE, M.Si., dan Kasubag II Dra. Tri Agustin Nugraheni. Selain itu, terlihat hadir pula Kaprodi Psikologi Retno Pandan Arum K,S.Psi,M.Si. Kaprodi Sosiologi: Achmad Zainal Arifin,S.Sos,M.A,Ph.D dan Kaprodi Ilmu Komunikasi, Drs. Siantari Rihartono,M.Si. Terlihat hadir pula Sekprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Yani Tri Wijayanti,S.Sos,M.Si., dan Sekprodi SosiologiDr. Napsiah, S.Sos., M.Si. (titik)

Berita Terpopuler