Workshop Pengelolaan Website dan Media Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) mengadakan workshop pengelolaan website dan media sosial (12/03/2019). Bertempat di ruang sidang lantai II FISHUM workshop kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terutama dalam pengelolaan website maupun media sosial itu sendiri.

Tema yang diangkat dalam acara ini yakni Strategi Branding Fakultas Melalui Sajian Konten Website dan Media Sosial yang Berkualitas dan Berkarakter. Website dan media sosial milik Fakultas diharapkan tidak hanya sekedar memuat berita, tetapi juga konten yang informatif dan memiliki nilai bagi pengunjungnya. Terutama mahasiswa maupun calon mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., Dekan FISHUM dalam sambutannya menjelaskan bahwa website hari ini menjadi pintu gerbang awal yang diakses bagi siapapun yang ingin mengetahui seputar Fakultas. Baik akademik, kegiatan-kegiatan, sarana prasarana, visi misi maupun capaian dari Fakultas itu sendiri.

Workshop kali ini mengundang beberapa narasumber. Salah satunya ialah Dian Fatmawati, S.IP., M.A. Salah satu pengelola website dan media sosial FISIPOL UGM. Kebetulan, ia menjabat sebagai Sekertaris Fakultas. Jabatan informal di tingkat Fakultas UGM yang mengerjakan tugas-tugas kehumasan. Misalnya publikasi, pengelola informasi serta membangun jaringan melalui website dan media sosial. Selain itu, bersama tim, juga menjadi konseptor dari tampilan-tampilan dan konten yang ada di website serta media sosial FISIPOL UGM.

“Di total-total anggota kami cukup banyak. Di lain pihak saya rasa yang menjadi sangat penting dukungan dari Dekanat dan jajarannya. Bapak ibu WD sangat inovatif untuk mendukung program-program,” begitu ceritanya.

Menurutnya lagi, website FISIPOL terintegrasi dengan 6 departemen yang ada di Fakultas. Misalnya, departemen HI, Sosiologi dan departemen lainnya. Senada dengan Dekan FISHUM, keberadaanya dengan tim juga mewakili wajah dari FISIPOL. Oleh karena itu, konten-konten yang dibuat, baik menentukan font, warna, waktu upload, menjadi program yang terjadwal dengan baik. Ia juga melihat beberapa referensi pengelolaan website di berbagi universitas, baik luar negeri maupun dalam negeri.

“Yang sering kita lakukan juga, take your plan every week or every month. Kami tiap minggu atau tiap bulan ada jadwal apa saja yang kita upload. Kami bekerja sama dengan unit-unit lain. Untuk mengetahui event apa saja yang sedang dan akan berlangsung,” begitu jelasnya.

Menurut Dian, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ialah siapa saja yang mengunjungi website dan media sosial. Setelah itu, harus ada kolaborasi dengan departemen-departemen lain untuk mengetahui kegiatan apa saja yang akan berlangsung. Saat mengisi materi, ia juga tidak sendirian, tetapi ditemani oleh pengelola media sosial langsung yakni Velina.

“Karena usernya mahasiswa, maka dibuat tampilannya anak muda sekali. Struktur Fakultas, massage dari Fakultas dan stuktur jabatan ada di sana. Agenda-agenda yang kami tampilkan selalu berganti. Kesannya juga harus simple. Bukan berarti kemudian font website itu bisa bermacam-macam. Kami tidak menggunakan font yang formal tapi juga lebih masuk. Itu juga kami perhatikan,” begitu imbuhnya lagi.

Narasumber yang kedua yakni Dr. Shofwatul ‘Uyun, M.Kom selaku ketua dari PTIPD UIN Sunan Kalijaga. Ia menjelaskan langsung terkait dengan hal-hal teknis dalam pengelolaan website di UIN Sunan Kalijaga. Menurutnya, website UIN Sunan Kalijaga juga memiliki konsep tersendiri. Sama halnya dengan UGM, beberapa tampilan website di setiap Fakultas juga terintergrasikan dengan Universitas. Template untuk website juga dibuat seragam dengan Universitas.

Workshop yang bertempat di Ruang Sidang lantai II FISHUM kali ini dimoderatori oleh Lukman Nusa, M.I.Kom selaku ketua dari Tim Website FISHUM. Terlihat hadir dalam kegiatan kali ini, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Kaprodi Sosiologi, Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D, Pengelola Website Prodi Sosiologi, Agus Saputro,S.Sos,M.Si, Sekprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si., dan Pengelola website Psikologi Mayreyna Nurwardani, S.Psi., M.Psi. Terlihat hadir pula Kepala Bagian Tata Usaha Dra.Bushi Susilowati M.A, Kasubag I, Dra. Tri Agustin Nugraheni dan Kasubag II,Eni Iroh Hayati, SE, M.Si. (Tri)