FISHUM Jalin Kerja Sama dengan Fakultas Psikologi UMB

Menjalin kerja sama antar lembaga menjadi penting bagi perkembangan institusi. Seperti halnya Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beberapa hari lalu (27/03/2019), Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., menandatangai Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana.

Berlangsung di Ruang Dekan lantai II FISHUM, penandatangan MoU ini bertujuan untuk melakukan kerja sama dan saling mendukung dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di kedua belah pihak. Khususnya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan Kurikulum sesuai dengan Visi Misi keduanya.

MoU kali ini dihadiri langsung oleh Mumammad Iqbal, Ph.D selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB). Menurutnya, menjalin kerja sama dengan lembaga lain merupakan upaya untuk menjalin relasi yang juga akan digunakan sebagai bahan Re-Akreditasi Fakultas.

“Di kampus kami, mahasiswa tidak diwajibkan masuk kelas setiap minggunya. Bahkan biasanya di pertemuan pertama dan terakhir saja. Sisanya, mahasiswa kami dorong untuk lebih ke praktek mata kuliah,” jelas Mumammad Iqbal.

Pihaknya juga mewajibkan mahasiswa magang selama satu tahun. Mata kuliah yang diambil mahasiswa kemudian dipararelkan ke program magang. Karena, menurutnya, mahasiswa tidak harus selalu berada di dalam kelas. Ia juga menyatakan bahwa mahasiswa hari ini harus memiliki inovasi dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

“Mahasiswa kami banyak yg sudah memiliki usaha sendiri. Karena memang kami dorong kesitu. Saya bilang ke mereka, kalian harus jadi owner!. Coba pak, bayangkan kalau penerimaan CPNS itu, Yang daftar ribuan yang lolos paling cuma beberapa orang aja. Jadi jangan sampai mahasiswa kami setelah lulus nganggur, krn itu mereka kami dorong menjadi entrepreneur. Bikin usaha sendiri, serap tenaga kerja,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., menyatakan bahwa MoU kali ini dilakukan dalam bidang riset maupun pengembangan kurikulum dan pengabdian. Riset dan pengabdian dapat dilakukan secara kolaboratif antar dosen di dua Fakultas.

“Untuk pegembangam kurikulum dapat dilakukan dengan workshop bersama maupun review kurikulum. Ke depan, kurikulum perlu diarahkan ke model kurikulum yang mampu merespon kebutuhan masyarakat. Orientasi kewirausahaan dan kepemimpinan harus menjadi perhatian Serius. Selain itu juga penguatan pada ranah irfani atau spiritualitas,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Niken Puspitasari, S.I.P,. M.A,. selaku ketua Tim Kerjasama FISHUM yang juga turut hadir dalam MoU kali ini menyatakan bahwa menjalin kerja sama antar lembaga menjadi hal penting bagi perkembangan institusi. "Kegiatan-kegiatan seperti ini bagus untuk digiatkan, karena Fakultas perlu sparing partner untuk bergerak maju menyesuaikan perubahan dan perkembangan zaman," jelasnya saat dihubungi usai acara.

Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU, Kepala Bagian Tata Usaha, Dra. Budhi Susilowati, M.A,. dan Pihasniwati,S.Psi, M.A,. Psikolog selaku inisiator kerjasama kali ini. (tri)

Berita Terpopuler