Workshop Manajemen OJS Prodi Sosiologi

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan Workshop Manajemen Online Jurnal Sistem (OJS), (23/04/2019). Workshop Manajemen OJS kali ini mangangkat tema: Penelusuran Jurnal untuk Referensi Penullisan Karya Ilmiah.

Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., selaku Dekan FISHUM saat membuka acara ini menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan akademik yang perlu dikembangkan. Tidak hanya secara teknis, beliau juga berharap, workshop kali ini bisa bermanfaat secara teoritis dan bahkan efek spiritualitas.

“Forum ini tidak hanya bicara teknis,, tapi bagaimana menyikapinya. Bagaimana pengetahuan yang berserakan itu kemudian menjadi sistem ilmu pengetahuan yang bermakna secara intelektual dan spiritual,” tutur Dekan FISHUM.

Hal ini menurutnya, sesuai dengan kondisi masyarakat hari ini. Banyaknya isu hoaks yang beredar di media sosial merupakan bagian dari minimnya literasi digital bagi masyarakat kita. Mudahnya percaya dengan informasi yang masuk kemudian membagikannya menjadikan isu hoaks semakin marak. Hoaks yang beredar akan berbahaya bagi persatuan bangsa.

“Banyaknya hoaks yang terjadi itu karena tidak ada pengetahuan dan minimnya literasi. Sistem ilmunya belum siap. Sehingga hoaks banyak bertebaran. Harus hati-hati. Saring sebelum sharing. Jika perlu istikharah dulu,” imbuhnya.

Hal ini juga berdampak pada referensi dalam dunia akademik. Banyaknya informasi sering tidak tersaring oleh kaum intelektual dalam mengambil rujukan untuk menuangkan ide-ide intelektualnya. Maka, cara-cara untuk menjadikan jurnal sebagai referensi juga perlu diperhatikan. Supaya, rujukan yang digunakan merupakan rujukan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Bertempat di Ruang Sidang lantai II FISHUM, workshop kali ini juga disambut baik oleh Kaprodi Sosiologi, Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D . Menurutnya ada beberapa hal penting kenapa workshop kali ini diselenggarakan.

“Pertama, supaya teman-teman mahasiswa lebih memahami bagaimana cara mencari data base di perpustakaan. Supaya terbiasa ketika nulis skripsi. Kita sudah memberlakukan plagiasi checker. Penting untuk kita tahu sumber data yang begitu masivnya,” jelasnya.

Kedua, workshop kali ini merupakan langkah awal Prodi Sosiologi untuk mengembangkan OJS untuk mahasiswa. Kedepan, Prodi akan membuat satu jurnal OJS yang khusus dan dikelola langsung oleh teman-teman mahasiswa. “Melalui jurnal itu kita punya sarana memperluas hasil studi teman-teman semua,” imbuhnya.

Acara ini diisi oleh Wahyani, S.AG., SS., MIP selaku pustakawan UIN Sunan Kalijaga dan Sayyidah Aslamah, MA selaku Staff Official Jurnal Al-Jami’ah. Turut hadir dalam acara ini Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si., Sekprodi Sosiologi sekaligus sebagai moderator acara, Dr. Muryanti, S.Sos., M.A., selaku panitia acara workshop kali ini, Agus Saputro, M.Si. Dosen Sosiologi yang pada kesempatan kali ini sebagai pemandu acara, dosen serta mahasiswa. (tri)

Berita Terpopuler