NIAFS: Focus Group Discussion (FGD) in Family Studies

Network of Indonesia and Australia Family Studies (NIAFS) UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) in Family Studies, (22/04/2019). Berlangsung di kantor NIAFS lantai II, gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hadir sebagai pembicara dalam acara FGD tersebut Prof. Alan Hayes dari The University of Newcastle, Australia.

Dalam penjelasannya Prof. Alan mengatakan bahwa family studies merupakan kajian yang sangat luas dan strategis untuk saat ini. Dalam konteks keindonesiaan yang merupakan Negara dengan banyak budaya, agama dan etnis menjadikan isu family studies sangat dinamis. Indonesia dapat memiliki trend mark tersendiri untuk pengembangan family studies. Lebih lanjut, Prof. Alan menyoroti adanya sebuah pendekatan yang khas keindonesiaan dalam mengkaji isu-isu dalam family studies.

Untuk upaya pengembangan kerjasama yang lebih konkrit Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D, selaku Kaprodi Sosiologi mengajukan usulan untuk dilakukannya sebuah kolaborasi riset di bidang family studies antara Fakultas Imu sosial dan Humaniora dengan The University of Newcastle melaui NIAFS.

Sementara peserta yang lain Denisa Aprilia, M.Sc menyampaikan usualannya dalam kajian family studies di Indonesia untuk menelaah lebih jauh terkait pola konsumsi makanan cepat saji dalam keluarga yang berkontribusi terhadap munculnya berbagai penyakit serius seperti storke, jantung dan diabetes.

Lebih lanjut moderator dalam FGD ini M Johan Nasrul Huda, M.Si yang juga selaku direktur NIAFS-UIN Sunan Kalijaga mengaskan bahwa NIAFS-UIN Sunan Kalijaga ingin serius melakukan pembagunan keluarga dalam konteks pengintegrasian bidang psikologi, komunikasi dan sosiologi. Kajian family studies di UIN Sunan Kalijaga juga harus mampu mengungkap aspek-aspek religiusitas sebagai unit value yang dihayati oleh bangsa Indonesia.

Hadir dalam acara FGD tersebut yaitu Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si (WD III), Lisnawati, M.Psi (Sekprodi Psikologi) dan beberapa anggota NIAFS dan dosen-dosen di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. (humas)

Berita Terpopuler