Capacity Building Tenaga Kependidikan FISHUM ke FISIPOL UNDIP Semarang

Demi meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga kependidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHum) mengadakan Capacity Building. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Senat Lantai 2 Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang (11/07/2019).

Menurut Wakil Dekan II Bidang Administrasi FISHum, Dr. Sabarudin, Kegiatan ini dirasa penting demi meningkatkan kepedulian dan kualitas SDM bagi Tenaga Kependidikan.

“Mewakili pimpinan FISHum UIN, tentu saya menyampaikan hal yang tidak berbeda. Dekan kami berpesan, Kami mengucapkan terimakasih sekali karena rombongan kami diterima dengan baik. Semoga kunjungan ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan bagi lembaga,” tuturnya.

Menurut keterangannya, Dekan FISHum, Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si. dalam kunjungan kali ini berhalangan hadir karena pada saat yang bersamaan menghadiri acara pertemuan Dekan yang berlangsung di Bandung.

Sambutan baik dari pimpinan FISIPOL UNDIP. Beberapa yang ikut hadir dalam forum kali ini yakni Drs. R. Slamet Santoso, M.Si. selaku Wakil Dekan III Bidang Komunikasi dan Bisnis FISIPOL UNDIP. Beberapa poin penting yang disampaikan beliau ialah mengenai sistem PTN BH yang diterapkan di FISIPOL UNDIP sejak tahun 2017 lalu.

Turut hadir pula dari FISIPOL UNDIP Dra. Retno Nur Kadarwati BL selaku Kepala Bagian Tata Usaha, Drs. Muchlas selaku Kepala Bagian Akademik, dan Titik Eryanti, SE selaku Kasubag Keuangan dan Kepegawaian.

Perguruan tinggi negeri badan hukum atau PTN BH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Dalam hal keuangan, penerapan ini memang sangat bagus bagi FISIPOL UNDIP, tetapi untuk menjadi otonom, FISIPOL UNDIP harus bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. Sarana dan prasarana serta sumber daya manusianya.

Sementara itu, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FISHum, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. juga berbagi pengalaman dan progres yang ada di FISHum. Masih menggunakan sistem BLU, FISHum yang berdiri tanggal 27 Juni 2005 telah memiliki beberapa capaian.

“Ini capaian kami selama 14 tahun. Dari tiga Prodi yakni Psikologi, Ilmu Komunikasi, dan Sosiologi, Alhamdulillah tahun 2017 Prodi Sosiologi mendapatkan Akreditasi A. Pada tahun 2018 Prodi Ilmu Komunikasi mendapat akreditasi A dan tahun ini, Prodi Psikologi akan mensubmit akreditasi dengan 9 kriteria yang ditentukan,” jelasnya.

Menurutnya lagi, ada beberapa pusat studi yang dimiliki oleh FISHum, salah satunya yakni APC (Applied Psychology Center), MoGA (Moslem Global Affair Insitute), ComTC (Communication Training Center), NIAFS (Network Indonesia-Australia Family Studies), serta MCC (Media Communication Center).

“Dalam hal publikiasi, Sosiologi tahun lalu mendapat sinta 3 dan Insyaallah dalam proses sinta 2. Sedangkan Ilmu Komunikasi telah mendapat sinta 2 dan akan mengejar sinta 1. Sedangkan untuk prodi Psikologi sedang mengejar minimal mendapat akreditasi sinta 3,” imbuhnya lagi.

Dalam meningkatnya kualitas lembaga, FISHum juga bekerja sama sengan beberapa kampus dan lembaga lain. Salah satunya ialah kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi seperti UNDIP.

Kunjungan kali ini diikuti oleh Dra. Budhi Susilowati,M.A (Kepala Bagian Tata Usaha) , Dra. Tri Agustin N (Kasubag Bidang akademik), Enny Iroh Hayati,S.E,M.Si (Kasubag Bidang AUK), serta semua Tenaga kependidikan yang ada di FISHum UIN Sunan Kalijaga. (tri)