Pembekalan Calon Wisudawan/Wati Periode II Tahun Akademik 2018/2019

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pembekalan bagi calon wisudawan/wati periode 2018/2019 (06/02/2019). Bertempat di Ruang Interactive Center (IC) FISHUM, acara ini dihadiri oleh 50 lebih calon wisudawan/wati. Terlihat hadir dalam acara ini, Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si.

Dalam sambutannya, beliau menyarankan kepada calon wisudawan/wati yang akan menjadi alumni untuk tetap berkarya di bidangnya masing-masing. “Sekarang bagaimana soft skill kita perkuat dan jaringan kita kembangkan. Kalau dia sendiri, pasti tidak akan berkembang. Maka perlu bantuan orang lain,” tuturnya.

Selain itu, keberanian dalam bertindak serta mampu menjalin konektifitas juga perlu dimiliki oleh calon wisudawan yang akan di wisuda beberapa hari lagi. Ia juga menyarankan kepada calon wisudawan/wati untuk tetap menjalin konektifitas dengan Fakultas melakui Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FISHUM. “Kita ingin koneksitas Fakultas dan Alumni itu semakin kuat,” imbuhnya.

Pembekalan kali ini diisi oleh narasumber dan materi yang menarik. Dibagi dua sesi yang keduanya dimoderatori oleh Diah Ajeng Purwani, S.Sos., M.Si (Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga). Sesi pertama diisi oleh Hekso Wahyuning Surya, Ketua Asosiasi Pengusaha Muslimah Icml DIY dan Triyono. S.Pt selaku Founder Difa Bike Yogyakarta. Kedua narasumber ini menjelaskan mengenai enterpreunership dan menjalani bisnis Start Up. Kedua narasumber menjelaskan bahwa peluang untuk berbisnis hari ini terbuka lebar. Hekso Wahyuning misalnya, alumni Fisipol UGM ini memulai berbisnis sejak SD dan hingga kini bisnis miliknya ia kelola bersama dengan suaminya. Lama menekuni dunia bisnis, ia bersama suami membuka Coach bisnis di rumahnya.

Triyono. S.Pt selaku Founder Difa Bike Yogyakarta juga memiliki banyak cerita perjalanan. Apalagi usaha yang ia bangun tidak hanya berorientasi ekonomi, tetapi juga berdampak pada sosial masyarakat (Social Enterprise). Nama Triyono bahkan banyak bermunculan setelah ia menciptakan transportasi untuk difable. Hal ini menjadi bagian dari usahanya untuk tetap eksis di era industri 4.0.

Sementara itu, sesi kedua yang diisi oleh Muhammad Kunta Biddinika, Dr. Eng., dari School of Environment and Society, Tokyo Institute of Technology memberikan materi terkait dengan sekolah lanjut ke luar negeri dengan beasiswa. Sedangkan narasumber yang terakhir yakni Yanti Dwi Astuti, S.Sos.I, M.A. selaku Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga yang menyampaikan materi terkait dengan menggapai impian. Beliau menjelaskan mengenai peluang dan tantangan pasar kerja hari ini.

Terlihat hadir dalam pembekalan kali ini Wakil Dekan II Bidang Administrasi Dr. Sabarudin, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si., Kaprodi Sosiologi Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D., Sekprodi Sosiologi Dr. Napsiah M.Si., Kaprodi Ilmu Komunikasi Drs. Siantari Rihartono., Sekprodi Ilmu Komunikasi Dr. Yani Triwijayanti, M.Si.,Lisnawsti,S.Psi, M.Psi sekertaris Prodi Psikologi, Kepala Bagian Tata Usaha Dra. Budhi Susilowati, Kasubag I Dra Hj Tri Agustin N dan Kasubag II, Enny Iroh Hayati,S.E,M.S.I. (tri)

Berita Terpopuler