Evaluasi dan Monitoring Progres Mahasiswa Bidikmisi

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga, mengadakan Evaluasi dan Monitoring Progres bagi mahasiswa penerima besasiswa Bidikmisi (15/03/2019). Bertempat di Interactive Center (IC) FISHUM, kegiatan ini diikuti oleh semua angkatan Mahasiswa Bidikmisi, mulai dari angkatan 2015 hingga 2018.

Evaluasi dan monitoring bagi Mahasiswa Bidikmisi bertujuan untuk mengevaluasi perjalanan akademik dan non akademik mahasiswa itu sendiri. Mengingat, mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi memiliki perjanjian masa studi makasimal empat tahun dengan pihak kampus. Sebagai mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, tentu tanggungjawab ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

“Mahasiswa bidikmisi merupakan mahasiswa yang terpilih dari sekian banyak mahasiswa. Waktu yang pendek yani emoat tahun, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” jelas Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si saat memberi sambutan.

Beliau juga menekankan bahwa Mahasiswa Bidikmisi untuk memiliki nilai-nilai siritual. Rajin berpuasa, berdoa, mengaji dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa juga bisa merefleksikan diri dan meminta doa restu kepada kedua orang tua untuk kelancaran perjalanan studinya.

“Hidup dalam dunia sekuler harus memperkuat diri dalam aspek spiritual. Spiritualitas itu menjadi penting. Nalar rasional dan nalar spiritualitas, dua-duanya harus kita miliki,” imbuhnya lagi.

Evaluasi ini dipandu langsung oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Saat evaluasi, Mahasiswa Bidikmisi menyampaikan apa yang menjadi kendala saat ini. Misalnya, agenda akademik mahasiswa bidikmisi, sistem penerimaan uang studi, serta koordinasi dengan pihak kampus.

Sedangkan dalam monitoring, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., mengabsen progres akademik dari semua Mahasiswa Bidikmisi FISHUM. Hal ini menjadi penting, karena melalui monitoring, Wakil Dekan III bisa mengingatkan kepada Mahasiswa Bidikmisi khususnya dalam hal masa studi.

Wakil Dekan III juga tidak lupa untuk mengingatkan Mahasiswa Bidikmisi untuk terus berkarya dan berkreatifitas. Tidak hanya yang bersifat akademik, tetapi juga dalam hal non akademik. Senada dengan Dekan FISHUM, proses akademik juga harus diiringi dengan nilai-nilai spiritualitas.

Turut hadir dalam acara ini, Dra. Budhi Susilowati, M.A, Kepala Bagian Tata Usaha dan Kasubag I, Dra. Tri Agustin Nugraheni. (tri)