Sarasehan dan Khotmil Qur’an

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Sarasehan dan Khotmil Qur’an (29/03/2019). Bertempat di Interactive Center (IC) FISHUM, kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan memperkuat relasi antar elemen yang ada di FISHUM. Terutama tenaga kependidikan baik dosen maupun staf di setiap prodi.

Dr. Sabarudin, M.Si., selaku Wakil Dekan II Bidang Administrasi menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu dilakukan rutin setiap bulannya. Ia juga berharap, kegiatan ini mampu menjadi media untuk meningkatkan keakraban antara elemen yang ada di FISHUM. Meskipun kegiatan ini disajikan dengan sederhana.

“Menurut saya adalah kegiatan ini merupakan tradisi yang baik. Karena, saat tadarus al-qur’an di rumah maka sama saja menciptapkan cahaya di rumah kita. Kedepan, misalnya ditawarkan lagi, kepada bapak ibu bisa memilih surat yang sesuai dengan pilihan nantinya,” jelas Dr. Sabarudin saat memberi sambutan sebelum acara Khotmil Qur’an dimulai.

Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini sebenarnya sudah diusulkan sejak lama oleh Kaprodi Sosiologi, Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D,. Namun, baru bisa terlaksana bulan ini karena terkendala satu dan lain hal.

Senada dengan Wakikl Dekan II, Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., juga menjelaskan bahwa serasehan dan Khotmil Qur'an merupakan wahana untuk menikmati Al-Qur'an. “Kitab suci ini bagaikan sebuah sajian yang menghidangkan beragam menu: mulai dari menu bacaan, hafalan sampai sains Al-Qur'an," jelasnya.

Menurutnya, di bulan Rajab dan Sya'ban ini adalah bulan persiapan Menuju Ramadhan yang penuh dengan kenikmatan Al-Qur'an. “Seperti tahun yang lalu, keluarga besar FISHUM sudah mulai mempersiapkan diri untuk memuliakan Ramadhan dengan pembacaaan dan khataman Qur'an selama sehari semalam yang diiringi degan buka dan sahur bersama di kampus kita tercinta,” imbuhnya.

Hadir dalam acara ini Dekanat FISHUM, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., Kepala Bagian Tata Usaha Dra. Budhi Susilowati, M.A., Kaprodi Sosiologi, Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D,. Sekrpodi Sosiologi, Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si., Sekprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si., Kasubag I, Dra. Tri Agustin Nugraheni dan Kasubag II,Eni Iroh Hayati, SE, M.Si. serta dosen dan staf kependidikan yang ada di FISHUM. (tri)

Berita Terpopuler