FISHUM UIN Gelar Seminar dan Bedah Buku, Menggali Inspirasi dari Karya Dosen Ilmu Komunikasi

Yogyakarta, 22 November 2024 – Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sukses menggelar Seminar dan Bedah Buku pada Jumat, 22 November 2024, berlangsung di Interactive Center Lt. 1 FISHUM UIN Sunan Kalijaga yang dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, dan akademisi di lingkungan FISHUM.

Acara diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si. yang sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai ruang diskusi yang memperkaya wawasan akademik. “Harapannya ini menjadi acara yang harus dirutinkan, sebagai budaya iklim akademik di fakultas.” imbuhnya.

Seminar dan bedah buku ini menghadirkan narasumber utama sekaligus penulis, Dr. Rama Kertamukti, M. Sn. dan Handini, M. I. Kom. yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi FISHUM. Adapun pembedah dalam acara ini adalah Drs. Muryanti, M.A. dosen Sosiologi FISHUM yang memberikan perspektif analitis terhadap isi buku yang dibahas. Acara dipandu oleh moderator handal, Maya Sandra Rosita Dewi, S. Sos., M. I. Kom. yang memandu jalannya diskusi dengan interaktif dan dinamis.

Dr. Rama Kertamukti mengawali dengan memaparkan karyanya berjudul “Budaya Siber: Gen Z, Proyeksi Diri, Algoritma” beliau menjelaskan isi buku secara garis besar, yakni bagaimana gen z saat ini menjadikan dunia siber sebagai rumah kedua untuk bertukar segala pesan dan informasi. “Mereka menganggap bahwa media siber ini juga sebagai ruang ekspresi, mereka menganggap ini sebagai sesuatu kekayaan bersama teman-teman. Gen Z saling bertukar informasi, bertukar data, bertukar opini, dan bertukarkesedihan.” jelasnya.

Dilanjutkan oleh Handini, S. Ikom., M. I. Kom. dengan bukunya berjudul “Personal Branding” menjelaskan latar belakang penulisan buku berangkat dari pengamatannya terhadap fenomena media sosial saat ini. “Supaya pemain media sosial, tidak kehilangan apa yang sebetulnya menjadi dirinya. Karena perlunya justifikasi, validasi, dan sebagainya.” jelasnya. Melalui pemaparannya, buku Personal Branding membahas tentang bagaimana mengenali diri sendiri, bersikap sebagai manusia modern saat ini, dan pemanfaatan serta dampak dari media sosial.

Menanggapi kedua isi buku ini, Drs. Muryanti, M.A. menyampaikan perbedaan gaya penulisan kedua buku. Beliau juga memberikan analisis sosiologis terhadap kedua buku tersebut. “Masyarakat yang menggunakan media sosial adalah bagian dari masyarakat yang berubah.” tuturnya. Beliau juga menyoroti masyarakat saat ini yang telah kehilangan identitas, serta etiket dalam bermedia sosial. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi interaktif bersama peserta seminar. (esa/red)