Bersama Gapura Digital, DEMA FISHUM Adakan Kelas Online Konten Marketing & Copywriting

Dewan Ekskutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ilmu Sosial dan Hmaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah bekerjasama dengan Gapura Digital. Gapura Digital merupakan suatu program yang didedikasikan untuk UKM melalui digital. Kerjasama yang dilakukan ini berupa kelas online mengenai “Konten Marketing & Copywriting”.

Acara ini diselengggarakan dua hari yaitu pada hari Senin dan Selasa (27 dan 28 April 2020). Hal ini dikarenakan antusiasme peserta yang mendaftar cukup banyak dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, agar menjaga suasana tetap kondusif dan peserta dapat memahami materi dengan baik. Dengan adanya pandemi Covid-19, maka acara dilakukan dengan menggunakan Google Hangouts Meet.

Dalam acara ini antusiasme peserta sangat banyak sehingga kegiatan yang semula akan dilakukan disatu hari yang sama kemudian diubah menjadi beberapa sesi. Fajar selaku ketua panitia, menerangkan bahwa bertepatan dengan pandemi yang sedang terjadi banyak kegelisahan yang dirasakan terutama perihal ekonomi. Oleh sebab itu, acara ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengolah markeying serta bagaimana cara mempromosikan suatu usaha. Acara ini terbuka untuk umum sehingga siapa saja boleh berpartisipasi mungkin dari orang yang sudah memiliki usaha atau seperti mahasiswa yang baru ingin memulai usaha.

Pada rangkaian acara ini pertama kali dibuka oleh Novia Ponda sebagai moderator yang kemudian dilanjutkan oleh Aidil Wicaksono beliua merupakan salah satu Staf Google Indonesia. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan tentang bagaimana cara membuat konten marketing serta copywriting dalam bisnis. “Dalam berbisnis kalian jangan takut mencoba, selain kalian memiliki keberanian kalian juga harus memahami beberapa hal seperti audiens yang akan dihadapi, strategi pemasaran dll. Dan yang terpenting juga kalian harus bisa mem-branding produk yang kalian miliki. Kan gak mungkin tuh kalian jual terus maksa-maksa orang untuk membeli kalo kalian melakukan cara tersebut bisa jadi kalian langsung di blok. Hehehe” Ujar Aidil.

Peserta yang tergabung dalam sesi pertama ini berjumlah 251 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang dan berbagai kota seperti Makassar, Denpasar, Jakarta, Yogyakarta dan masih banyak lainnya. Acara ini berlangsung kurang lebih 1 setengah jam. Saat pemateri memberikan penjelasan, moderator juga menampilkan semacam modul sehingga peserta dapat lebih memahami pembahasan.

Hingga di akhir acara pihak Gapura Digital tidak berhenti disitu saja. Para peserta dapat men-download modul sehingga dapat dipelajari secara mandiri. Selain itu, Gapura Digital juga menyediakan grup whatsapp untuk seluruh peserta yang di dalamnya juga terdapat beberapa fasilitator untuk membimbing dan mendampingi. Dengan harapan kita dapat saling sharing pengalaman. (DEMA FISHUM)