Best Paper dan Best Presenter AICoSH 2022

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan konferensi internasional Annual International Conference on Social Science and Humanities (AICoSH) 2022 dari tanggal 15 s.d. 17/9/2022. Konferensi internasional yang mengangkat tema,"Humanity in War and Conflict: Beyond Time and Space / Kemanusiaan dalam Perang dan Konflik: Lintas Waktu dan Ruang," digelar diInteraktif CenterFISHUM, kampus UIN Suka Yogyakarta.

Konferensi internasional kali ini dilatarbelakangi situasi dunia yang sedang mengalami masa sulit imbas dari konflik Rusia dan Ukraina. Konferensi ini bertujuan untuk mempertemukan para peneliti dari berbagai negara dan disiplin ilmu, untuk menyebarluaskan penelitian mereka, dan pada akhirnya membahas signifikansi, pengaruh, dan kontribusi potensial Ilmu Sosial dan Kemanusiaan dalam masalah perang dan konflik. Perang menyebabkan tersendatnya pasokan pangan dan energi menjadi penyebab krisis yang melanda berbagai negara di dunia saat ini.

Ada 3 artikel dan 3 presenter yang mendapatkan penghargaan sebagai artikel terbaik (best paper) terbaik dan presenter terbaik (bes presenter) pada acara AICoSH tahun 2022. 3 penyusun artikel terbaik antara lain ialah Pertama, M. Ali Sofyan and Rr. Wuri Arenggoasi dengan judul: Postfeminism and Digital Conflict: Women’s Freedom and Power in Social Media. Kedua, Zulhazmi Yusoff, Rahmawati Mohd Yusoff, Wan Amir Azlan Wan Haniff, Noraini Ismail, Alizah Ali and Siti Farrah Shahwirdengan judul: Domestic Violence Crisis to Women’s Health amid Covid-19 Pandemic: A Comparative Studies. Ketiga, Maya Sandra Rosita Dewi, Yanti Dwi Astuti and Rahmah Attaymini dengan judul Uncover The Digital Movement of Opinion War in #PercumaLaporPolisi on Instagram.

Sedangkan penghargaan dengan predikat Best Presenter diberikan kepada Durrotul Mas'Udah dan Ahmad Syafii dengan judul artikel From Struggle to Resilience: Understanding the Communication Orientations of Refugees in Indonesia on Instagram. Selain Durrotul Mas'Udah dan Ahmad Syafii presenter terbaik diberikan kepada Saktisyahputra Saktisyahputra, Yuli Evitha, Jhulianfika Irrianda, Retno Ekasari and Endang Susanti serta Awa Fauzia dan Rachmy Diana.

Memberikan sambutan melalui video, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A., mengapresiasi pelaksanaan konferensi internasional AICoSH 2022, yang pada tahun ini merupakan tahun keempat digelar di UIN Sunan Kalijaga. Prof. Al Makin menyampaikan, pandemi Covid-19 mengubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk mengubah cara manusia memandang dunia dan memandang agama. Disisi lain, dunia juga menghadapi tantangan dari adanya konflik antara Rusia dan Ukraina.AICoSH2022 dengan tema Humanity in War and Conflict: Beyond Time and Space, sangat relevan, dan menjadi ruang yang penting, serta kolaborasi positif untuk mendiskusikan ide, hasil riset, serta pengalaman, dalam upaya mengatasi tantangan yang dihadapi semua negara dunia. (tri)