Dr. Mochamad Sodik Menyapa Langsung Mahasiswa Difabel FISHUM dan Mahasiswa Jalur Keberagaman Usai Acara Sospem

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga sukses menyelenggarakan acara Sosialisasi Pembelajaran (Sospem) tahun 2022. Acara Sosialisasi Pembelajaran (Sospem) berlangsung selama 3 hari (22-24 Agustus 2022). Tahun ini, Sospem diikuiti oleh 346 mahasiswa baru serta 2 orang mahasiswa lama karena tidak mengikuti Sospem pada tahun sebelumnya.

Tahun ini, FISHUM UIN Sunan Kalijaga juga menerima 6 mahasiswa difabel serta beberapa mahasiswa yang diterima melalui jalur keberagaman antara lain mahasiswa dari Maluku, NTB yakni dari Bimaserta Aceh. Selama mengikuti Sosialisasi pembelajaran, mahasiswa difabel FISHUM UIN Sunan Kalijaga didampingi langsung oleh Pusat Layanan Difabel, yakni 1 mahasiswa 1 pendamping. Selain itu, FISHUM juga menfasilitasi antar jemput keberangkatan mahasiswa difabel selama mengikuti Sospem.

“Jalur inklusi dan keberagaman merupakan komitmen UIN Sunan Kalijaga untuk mewujudkan kampus kebudayaan dan kampus kemanusiaan. Sila pertama dimaknai sebagai "Ketuhanan yang Berkebudayaan" yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kampus kita adalah Pelangi Kehidupan,” jelas Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si.

Seusai penutupan Sospem (Rabu, 24 Agustus 2022), Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. menyapa mahasiswa difabel yang masing-masing didampingi oleh pendamping dari Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga serta mahasiswa asal Maluku, NTB dan dari Aceh. Berlangsung di Interactive Center FISHUM, pada pertemuan kali ini beliau menyampaikan kebanggaanya terhadap mahasiswa difabel dan mahasiswa yang masuk jalur keberagaman.

Kehadiran adik-adik mahasiswa baru ini menurut beliau merupakan wujud nyata bahwa UIN Sunan Kalijaga merupakan kampus inklusi yang terbuka bagi siapa saja. Beliau juga memberikan hadiah apresiasi kepada mahasiswa difabel dan pendampingnya serta mahasiswa FISHUM asal Maluku, NTBdan dari Aceh. Beliau berharap, visi UIN Sunan Kalijaga menjadi kampus inklusif bisa diwujudkan secara nyata dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat.

Sebagai tambahan informasi, tahun ini, Penerimaan Mahasiswa Baru jalur keberagaman merupakan program baru UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. PMB Jalur Keberagamaan dan 3 T merupakan program penerimaan Mahasiswa non-Muslim, tidak memandang suku, agama, ras, dan golongan, serta untuk mereka yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). (tri)