Tim PRODEJU Ilmu Komunikasi Raih Juara dalam Ajang Komfiest 2020

Tim PRODEJU Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang terdiri dari Intan Ayu Sekarsari, Erika Febri Astuti, dan Aisyah Anggun Wijareni berhasil meraih juara III dalam cabang lomba Public Relations Komfiest 2020 yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Widya Mandala Surabaya. Pengumuman pemenang kompetisi tersebut dilakukan secara online melalui akun instagram @komfiest pada hari Sabtu, 28 Maret 2020. Perlombaan ini merupakan kompetisi dimana masing-masing tim beradu ide-ide kreatif dan menarik untuk menyusun strategi kampanye seputar kesehatan mental dengan tema “We Cure With Our Action”.

Pada tahap pertama lomba ini, peserta diminta untuk membuat essay dan konten di media sosial. Tim PRODEJU berhasil lolos pada tahap pertama seleksi lomba dan berlanjut ke tahap final untuk bersaing dengan 10 tim dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Diponegoro, dan sebagainya. Sebelumnya, satu tim lain dari Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga yang bernama “Tim Protect Rangers” juga berhasil lolos dalam tahap 10 besar ini, sehingga terdapat dua tim dari Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga dalam kompetisi final Komfiest 2020.

Pada awalnya, kompetisi Komunikasi Fiesta (Komfiest) 2020 ini memiliki berbagai macam rangkaian kegiatan yang meliputi Opening Ceremonial Komfiest 2020, Final Presentasi Public Relations Competition, Talkshow dengan tema “24H SOCIAL MEDIA : PLEASURE X PRESSURE”, dan yang terakhir Awarding Night. Namun, sehubungan dengan maraknya pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan adanya kegiatan secara langsung atau tatap muka, panitia Komfiest 2020 mengubah metode final kompetisi dan membatalkan sejumlah rangkaian acara lainnya.

Pada babak final cabang lomba Public Relations, peserta diminta untuk membuat newsletter mengenai kesehatan mental dengan topik yang berbeda untuk masing-masing peserta yang telah ditentukan oleh panitia. Tim PRODEJU mendapatkan topik seputar Narcissistic Personality Disorder (NPD). Pada kompetisi tahap 1 Tim PRODEJU mengusung program kampanye online melalui media sosial Instagram dengan nama “Cyberkind” dengan tagline “Open Mind, Be Kind”. Adapun program dari kampanye Cyberkind yaitu 5C (Cyberthanks, Cybershare, Cybertalks, CyberFM, dan Cyberthread). Dalam pembuatan newsletter pada tahap final, Tim PRODEJU juga menjelaskan peran dan manfaat dari kampanye tersebut untuk meningkatkan awareness masyarakat seputar NPD. (erika)