Pembekalan Calon Wisudawan/wati Periode IV Tahun Akademik 2018/2019

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHum) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali mengadakan pembekalan bagi calon alumni yang akan diwisuda, 08 Agustus 2019. Pembekalan kali ini berlangsung Selasa, 06 Agustus 2019 di Interactive Center (IC) FISHum.

Terlihat hadir dalam pembekalan kali ini Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. selaku Dekan FISHum UIN Sunan Kalijaga. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada semua wisudawan/wati periode IV. Beliau berharap, calon wisudawan/wati bisa berkiprah di bidang dan daerahnya masing-masing.

“Anda adalah khalifah terbaik. Khalifah terbaik adalah sarjana. Yang akan jadi motivator dan inspirator di daerah masing masing,” jelasnya saat memberi sambutan.

Menurutnya, alumni FISHum harus memiliki nilai lebih, tidak hanya menjadi orang yang baik tetapi juga menjadi orang yang bermanfaat.

khoirunnas anfa'uhum linnas. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. Bagaimana kita dekat dengan Allah. Itu adalah spiritualitas dalam makna yang sebenarnya. Maka, dalam hal ini, UIN yang akan terdepan dalam mengawal mandat kebangsaan dan keislaman,” imbuhnya.

Kali ini, ada 19 mahasiswa yang lulus dengan mendapatkan predikat pujian. Dari Prodi Sosiologi yakni ada Irfa Rezqia dengan dengan IPK 3.84, Nita Wahyuni dengan IPK 3.72, Istianah dengan IPK 3.7, Arum Nur Siamsih dengan IPK 3.59, Linda Istiyawati dengan IPK 3.57, Ahmad Ismawan dengan IPK 3.56, Iga Purnamasari dengan IPK 3.51.

Sedangkan dari Prodi Ilmu Komunikasi, ada Yuni Lathifah dan Intan Mulia dari Ilmu Komunikasi dengan IPK 3.71, Meldi Latifah Saraswati dengan IPK 3.66, Ahmad Qoiman 3.65, Achmad Nawfal Karim dengan IPK 3.63, Syta Dwy Riskhi dengan IPK 3.62, Vici Evanti dengan IPK 3.61, Thufi'ul Lailatul Magfiroh dengan IPK 3.6, dan Nurdwi Fitriani dengan IPK 3.52,

Dari Prodi Psikologi ada Akhmad Najib Musthofa dengan IOK 3.59, Pinkan Regina Suva dengan IPK 3.56, Sitta Puteri Kumalasari dengan IPK 3.54.

Sementara itu, dibacakan oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Dra. Budhi Susilowati, M.A tentang Keputusan Rektor UIN Sunan Kalijaga nomor 113/DSH tahun 2019 tanggal 29 Juli 2019 tentang pemberian piagam penghargaan bagi penyusun skripsi terbaik prodi Psikologi, Sosiologi dan Ilmu Komunikasi pada wisuda sarjana periode IV tahun akademik 2018/2019.

Penghargaan skripsi terbaik diraih oleh Arief Azizy Nim 15710014 dari Prodi Psikologi dengan judul skripsi Dinamika Pertemuan Lintas Agama Pada Generasi Muslim Millenial di D.I Yogyakarta. Kedua oleh Nita Wahyuni dengan judul Peran Akseptor pada Sosialisasi KB Pria Harjo Santoso di Dusun Karanganyar, Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden, Kebupaten Bantul dan terakhir diraih oleh Meldi Latifah Saraswati dengan judul Manajemen Humas pada Masjid Jogokariyan Yogyakarta Sebagai Masjid Percontohan Nasional.

Sambutan juga diberikan dari calon wisudawan/wati. Diwakili oleh Irfa Rezqia selaku wisudawati dengan predikat terbaik periode IV tahun akademik 2018/2019. Ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua dosen khususnya karena telah membekalinya ilmu selama ia kuliah.

“Terimakasih untuk dosen karena telah memberi ilmu,” jelasnya.

Ucapan terimakasih ini juga datang dari orang tua/wali dari wisudawan terbaik. Mewakili semua orang tua yang telah menitipkan anak-anaknya untuk menuntut ilmu, Siti Muawanah, S.Pd.I mengucapkan banyak terimakasih kepada pimpinan, dosen, serta tendik yang ada di FISHum.

Setelah acara sambutan-sambutan, calon wisudawan/wati mendapatkan beberapa materi pembekalan. Materi kali ini disampaikan oleh tiga narasumber yang kemudian di bagi menjadi 3 ruangan sesuai dengan minat bakat masing-masing, yakni Entrepreneur, Joob Seeker, dan Scholarship.

Narasumber yang mengisi materi di setiap kelas yakni, Rita Eko Yuniarti, S.T.,MBA yang di moderator oleh Dr. Muryanti, M.A membawakan materi terkait dengan Entrepreneur. Sedangkan materi tentang Scholarship diisi oleh Denisa Apriliawati M.Res serta dimoderatori oleh Rahmah Attaymini, M.A. Terakhir, materi tentang Joob Seeker diisi oleh Miftahun Ni'mah S, M.A. yang dimoderatori oleh Nuristighfari Masri K, M.Psi. (tri)

Berita Terpopuler