Pembekalan dan Pelepasan Calon Wisudawan/wati Periode I

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan pembelakan dan pelepasan Calon Wisudawan/wati Periode I tahun akademik 2019/2020. Berlangsung, Selasa 12 November 2019, acara ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Ahmad Dzul Ulya Asyhari dan menyanyikan Indonesia Raya dan Hymne UIN oleh Tri Risnawati.

Dalam Surat Keputusan yang dibacakan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si., menerangkan bahwa calon Wisudawan/wati Periode I tahun akademik 2019/2020 FISHUM ada 91 orang. Program Studi Psikologi berjumlah 45 orang dengan rincian laki-laki 13 orang, perempuan 32 orang. Dari Program Studi Sosiologi ada 13 orang dengan rincian laki-laki 10 orang dan perempuan 3 orang. Sedangkan dari Prodi Ilmu Komunikasi ada 33 orang dengan rincian laki-laki 16 orang dan perempuan 17 orang.

Calon Wisudawan/wati Periode I tahun akademik 2019/2020 yang memperoleh predikat pujian ada 30 orang yakni dari Prodi Psikologi ada 17 orang perempuan. Dari Prodi Sosiologi ada 2 orang perempuan sedangkan dari Prodi Ilmu Komunikasi ada 11 orang dengan rincian laki-laki 5 orang dan perempuan 6 orang.

Sedangkan untuk mahasiswa dengan predikat lulusan tercepat terbaik diraih oleh Saudari Nur Rahmat Laba dari Prodi Psikologi dengan IPK 3,78 dengan masa studi 3 tahun 11 bulan 2 hari. Surat keputusan yang dibacakan berdasarkan keputusan rektor nomor 163/DSH tahun 2019.

Sedangkan bagi penyusun skripsi terbaik diberikan kepada Nur Rahmat Laba dari Prodi Psikologi dengan judul skripsi Efektifitas Latihan Keber Syukuran Menggunakan Teknik Three Good Things Dalam Meningkatkan Kebahagiaan di Tempat Kerja. Skripsi lain yakni dari Andrian Febriandi mahasiswa Sosiologi dengan judul skripsi Diskursus Kebebasan Dalam Anime Studi Kasus Anime One Piece Movie Gold. Penyusun Skripsi terbaik dari Prodi Ilmu Komunikasi disusun oleh Ari Nurhamdiyah dengan judul skripsi Political Branding Jokowi Sebagai Calon Presiden (Analisis Isi Timeline Akun Twitter @Jokowi Pada Bulan Desember 2018).

Hadir dan membuka acara ini yakni Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., selaku Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga. Acara ini juga diisi dengan pembacaan doa oleh Dr. Yayan Suryana, M.Ag.,

Setelah doa, calon Wisudawan/wati Periode I tahun akademik 2019/2020 mengikuti pembekalan dengan narasumber Nur Hadi Waskhita Y, S.Spz. Owner Optik Sukses Group, dengan moderator Nuristighfari Masri K, S.Psi., M.Psi., P.si. Narasumber kedua yakni Very Julianto, M.Psi., Dosen Psikologi yang dimoderatori oleh Yanti Dwi Astuti, M.A., Dosen Ilmu Komunikasi. Terakhir narasumber dalam pembekalan kali ini yakni Ambar Sari Dewi, M.Si., Selaku Dosen Prodi Sosiologi FISHUM dan dimoderatori oleh Dr. Muryanti, M.A.

Hadir pula dalam acara ini Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si. Kepala Bagian Tata Usaha FISHUM, Dra. Budhi Susilowati, M.A., Kasubag I Dra. Tri Agustin Nugraheni., serta ketua panitia Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos, M.Si.

Memilih jalan entrepreneur. Menurutnya, bisnis bukan hanya soal untung rugi, tetapi juga surga dan neraka. Bagi pemula, kunci sukses menjadi pengusaha yakni yakin. Sementara itu, Dr. Ambar Sari Dewi yang menyampaikan materi terkait studi lanjut menjelaskan terkait pengalamannya studi di luar negeri.

Ketika ingin melanjutkan studi, kita harus mempersiapkan beberapa hal salah satunya menentukan kampus tujuan. Kedua Pelajari beasiswa yang diinginkan misalnya DAAD, Mongukubasho, Stuned, Chevening, Australia Awards, LPDP, Fullbright. Dan yang paling penting yakni menyiapkan kemampuan bahasa inggris.

Very Julianto, M.Psi., dalam materi kali ini memotivasi calon wisudawawan/wati untuk menentukan pilihan masing-masing. Beliau mengajak peserta untuk menggambarkan masa depan.

“Aktivitas yang punya banyak energi dan strategi untuk berbuat sesuatu. Value sepanjang haat, namun manivestasi bisa berbeda. What will you be? Posisi dan profesi terbatas dan limited area. Jadi adalah bonus,” tulisnya. (tri)